ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA Tn. R DENGAN FOKUS INTERVENSI SLOW STROKE BACK MASSAGE UNTUK MENGURANGI NYERI KEPALA PADA HIPERTENSI DI DESA PENGKOL

Nikkla Takhani, Wahyu Riniasih

Abstract


Latar Belakang; WHO (2015), angka kasus hipertensi di dunia mencapai sekitar 1,13 miliar orang yang akan terus meningkat pada tahun 2025 menjadi 1,5 miliar orang. Diestimasikan sebanyak 63.309.620 orang dengan usia >18 tahun di Indonesia  mengalami hipertensi (Istyawati et al., 2020). Tujuan untuk memberikan asuhan keperawatan keluarga pada Tn.R dengan fokus intevensi Slow Stroke Back Massage untuk mengurangi nyeri kepala pada klien dengan hipertensi di Desa Pengkol Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan.

Metode; Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Rancangan yang digunakan dalam penelitian yaitu studi kasus. Subjek penelitian yaitu keluarga Tn.R, dan khususnya Tn.R yang mengalami hipertensi.

Hasil; Peneliti mengidentifikasi bahwa setelah melakukan terapi Slow Stroke Back Massage selama  10 menit maka nyeri kepala Tn.R mengalami penurunan 1 skala dan tekanan darah sistolik mengalami penurunan  23 mmHg dan tekanan darah diastolik mengalami penurunan  13 mmHg.

Kesimpulan; Adanya efektivitas terapi SSBM untuk menurunkan nyeri kepala dan tekanan darah pada Tn.R.

 

Kata Kunci; Hipertensi, Nyeri Kepala, Slow Stroke Back Massage


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v7i02.339

Article Metrics

Abstract viewed : 381 times
Full Text files downloaded : 192 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.