HUBUNGAN TINGKAT STRES PADA ANAK YANG MENGIKUTI EKSTRA KURIKULER BOLA VOLI PUTRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP N 2 PURWODADI

Purhadi Purhadi, Christina Nur Widayati

Abstract


Latar Belakang:Faktor yang menyebabkan terjadinya stress pada anak salah satunyakegiatan pembelajaran disekolah, masalah  diluar sekolah yang menggangu pikiran, banyak nya kegiatan yang dilakukan serta sedikitnya waktu untuk istirahat atau bahkan untuk menenangkan pikiran, penugasan yang berlebih, kegiatan yang dilakukan diluar jam pelajaran sekolah (Ekstrakurikuler Bola Voli). menurut American psychological Association of Aesthetics, Creativity and the Arts (2012). Untuk mengetahui apakah ada Hubungan Tingkat Stress pada anak yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli putri dengan Prestasi Belajar Siswa.

Metodologi :Desain penelitian yang digunakan  pada penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan cross-sectional yaitu suatu penelitian yang mencari hubungan antara variabel bebas dengan variabel terkait dengan melakukan pengukuran sesaat.

Hasil : Berdasarkan analisis mnggunakan SPSS dengan uji korelasi Sperman diketahui nilai p value 0.196, yang artinya nilai p value dibawah nilai derajat alpha 0.05. sehingga dapat disimpulkan Ha: ditolak dan Ho: diterima dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara tingkat stres responden yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli dengan prestasi belajar. Didapat nilai kolerasi -0.402 yang artinya hasil penelitian mengarah hubungan yang negatif berarti bahwa semakin tinggi tingkat stres siswi maka prestasi belajar rendah.

Kesimpulan : Dari hasil penelitian diatas dapat disimpukan tidak terdapat hubungan antara tingkat stress responden yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli dengan prestasi belajar disekolah.

 

Kata Kunci : Tingkat Stress, Prestasi Belajar


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v7i01.337

Article Metrics

Abstract viewed : 106 times
Full Text files downloaded : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.