HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT MARDI RAHAYU KUDUS

Cicilia Pujiastuti, Sri Hindriyastuti, Biyanti Dwi Winarsih

Abstract


Latar belakang; Hipertensi menjadi salah satu penyakit tidak menular yang perlu diwaspadai yang ditandai dengan peningkatan darah diatas normal secara persisten. Hipertensi saat ini semakin meningkat jumlahnya. Tingginya prevalensi hipertensi disebabkan kebiasaan yang tidak sehat. Faktor psikologis seperti stress juga menjadi faktor pemicu peningkatan tekanan darah, terutama pada kelompok dewasa akhir dan lansia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat stres dengan kejadian hipertensi pada pasien rawat inap di RS Mardi Rahayu Kudus.

Metode; Jenis penelitian bersifat korelasi dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah penderita hipertensi di rawat inap Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus. Teknik sampling dengan purposive sampling sehingga besar sampel sebanyak 36 responden. Pengumpulan data dengan kuesioner. Analisa data secara statistik dengan uji Chi Square.

Hasil; Hasil uji statistik dengan menggunakan chi-squre didapatkan nilai p-value 0,000.

Kesimpulan; Terdapat hubungan signifikan antara tingkat stres dengan kejadian hipertensi pada pasien rawat inap di Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus karena nilai p (0.000) < 0.05 pada taraf signifikansi 5%.

 

Kata Kunci : Tingkat Stres, Hipertensi, Pasien Rawat Inap.

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v7i01.331

Article Metrics

Abstract viewed : 654 times
Full Text files downloaded : 221 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.