GAMBARAN PENGETAHUAN IBU TENTANG GIZI PADA BALITA USIA 24 – 59 BULAN DI DESA MENDURAN KABUPATEN GROBOGAN

Anita Lufianti, Rahmawati Rahmawati

Abstract


Latar Belakang: Pertumbuhan dan perkembangan balita dipengaruhi oleh gizi, karena terdapat keterkaitan dan berhubungan dengan kesehatan dan kecerdasan. Menurut pemantauan gizi 2017 terdapat 18 balita sangat pendek dan pendek Stunting 91 balita, hasil kasus stunting dari Puskesmas Brati balita usia 24-59 bulan didesa Menduran adalah stunting paling tinggi. Salah satu faktor yang mempengaruhi stunting adalah pengetahuan orang tua tentang gizi. Tujuan : Untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu tentang gizi pada balita usia 24 – 59 bulan di Desa Menduran Kabupaten Grobogan.

Metodologi : Penelitian dilakukan menggunakan desain penelitian Kuantitatif, metode Korelasi (hubungan/asosiasi) dengan pendekatan Cross Sectional Study. Dengan sampel 35 responden, alat pengumpulan data menggunakan pengisian Kuesioner dengan teknik purposive sampling.

Hasil : Responden yang memiliki pengetahuan tentang gizi dengan kategori kurang sebanyak 20 responden (57,1%), kategori sedang sebanyak 11 responden (31,4%) dan kategori baik sebanyak 4 responden (11,4%).

Simpulan : Pengetahuan Ibu Tentang Gizi Pada Balita Usia 24-59 Bulan Di Desa Menduran Kabupaten Grobogan.

 

Kata Kunci : Pengetahuan Ibu Tentang Gizi, Balita


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v6i2.320

Article Metrics

Abstract viewed : 101 times
Full Text files downloaded : 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.