PERBEDAAN PENERAPAN ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN ISOLASI SOSIAL DENGAN PENDEKATAN PSIKOEDUKASI KELUARGA DAN SOSIAL SKILL THERAPY

Sutiyono Sutiyono, Niken Kusumawardani

Abstract


Latar Belakang; Gangguan jiwa sampai saat ini masih menjadi permasalahan yang serius di dunia. Menurut Depkes RI (2018) jumlah pasien gangguan jiwa diIndonesia sebanyak 7,0 per 1.000 penduduk indonesia. Angka ini lebih banyak dibandingkan pada tahun 2013, prevalensi gangguan jiwa berat, seperti skizofrenia mencapai sekitar 400.000 orang atau sebanyak 1,7 per 1.000 penduduk(Riskesdas, 2013). Tujuan penelitian yaitu membandingkan perbedaan asuhan keperawatan pada pasien isolasi sosial dengan pendekatan psikoedukasi keluarga dan social skill di Desa Rowobungkul Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora.

Metodologi; Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Rancangan yang digunakan dalam penelitian yaitu studi kasus.Subjek penelitian yaitu 2 klien dengan masalah isolasi sosial di Desa Rowobunggul kecamatan Ngawen Kabupaten Blora.

Hasil; Peneliti mengidentifikasi bahwa setelah melakukan tindakan psikoedukasi keluarga pada partisipan 1 dan melakukan social skill therapy pada partisipan 2.didapatkan hasil perbandingan penerapan asuhan keperawatan pada pasien isolasi sosial dengan pendekatan psikoedukasi keluarga dan social skil ltherapy. Pada partisipan 1 setelah 7 kali pertemuan pasien mampu melakukan interaksi secara bertahap dan keluarga mampu mempraktekan cara merawat pasien. Sedangkan pada partisipan 2 setelah 3 kali pertemuan klien mampu berinteraksi secara bertahap tetapi klien masih tampak kurang kooperatif, klien masih tampak malu.

Kesimpulan; pada partisipan 1 yang diberikan terapi psikoedukasi keluarga mengalami peningkatan berinteraksi secara bertahap dengan diberikan dukungan oleh keluarga klien mampu berinteraksi dengan baik.Sedangkan pada partisipan 2 yang diberikan social skil ltherapy klien mampu berinteraksi secara bertahap tetapi klien masih tampak malu dan kurang kooteratif.

 

Kata Kunci; Isolasi Sosial, Psikoedukasi Keluarga, Social Skil Ltherapy

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v6i2.295

Article Metrics

Abstract viewed : 337 times
Full Text files downloaded : 115 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.