PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN PADA LANSIA TENTANG VAKSIN COVID-19 TERHADAP MOTIVASI LANSIA MENGIKUTI VAKSINASI COVID-19 DI DUSUN NGABLAK DESA NGRAJI KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN

Fitriani Fitriani, Wahyu Riniasih

Abstract


Latar Belakang; Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) disebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2), penyakit ini pertama kali dilaporkan dari Wuhan, China pada 31 Desember 2019, kemudian menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia. Target total vaksin adalah 21.553.118 untuk lansia, namun hingga 17 Maret 2021 vaksinasi pertama hanya diikuti oleh 3,88% lansia dan vaksinasi kedua 0,03% lansia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan lansia tentang vaksin Covid-19 terhadap motivasi mengikuti vaksinasi Covid-19 di Dusun Ngablak Desa Ngraji.

Metodologi; desain yang digunakan pada penelitian ini pre experimental design.dengan pendekatan pre-post test gruop. Tehnik sampling menggunakan total sampling dengan jumlah responden 68 responden

Hasil; berdasarkan uji wilcoxon  Diketahui p value (0,317) < ? 0,05. Dari hasil uji beda diatas menunjukkan nilai p value lebih besar dari 0,05 artinya tidak ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan media poster dan leaflet terhadap motivasi lansia mengikuti vaksinasi.

Kesimpulan; tidak ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang vaksin Covid-19 terhadap motivasi lansia mengikuti vaksinasi Covid-19 di Dusun Ngablak Desa Ngraji.

 

Kata Kunci; Pendidikan Kesehatan, Poster, Leaflet, Vaksin Covid-19, Motivasi, Lansia

Full Text:

Full Text

Article Metrics

Abstract viewed : 172 times
Full Text files downloaded : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.