PENGARUH PARENTAL FEEDING TERHADAP STATUS GIZI KURANG ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK I DESA SINDUREJO KECAMATAN TOROH KABUPATEN GROBOGAN

Diah Praneswari

Abstract


Latar belakang : Masalah gizi pada hakekatnya adalah masalah kesehatan masyarakat dan dianggap sebagai masalah serius apabila prevalensi status gizi kurang antara 10-14% dan dianggap kritis apabila ? 15%. Status gizi kurang merupakan suatu kondisi yang terjadi apabila tubuh mengalami kekurangan zat-zat gizi esensial dan penyebabnya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang terikat satu dengan yang lainnya. Salah satu faktor yang berperan penting dalam pemenuhan gizi anak adalah parental feeding (pola asuh makan orang tua kepada anak). Orang tua memiliki tanggung jawab penuh terhadap pengasuhan anak, tidak hanya kebutuhan dalam  aspek fisik anak juga memerlukan bimbingan dan kasih sayang termasuk dalam memenuhi kebutuhan nutrisi atau gizi bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Tujuan : Menganalisa pengaruh parental feeding terhadap status gizi kurang anak usia pra sekolah di Taman Kanak-Kanak 1 Desa Sindurejo Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan.

Metodologi : Deskriptif komparatif dengan pendekatan Case Control yang bersifat “retrospektif”dengan metode pengumpulan data melalui observasi dan kuesioner terstruktur yang ditujukan kepada 24 responden  yang didapat dengan cara Quota Sampling dengan teknik non-probability sampling.

Hasil : Hasil analisa uji Chi-Square dengan tingkat kemaknaan 95% (? = 0.05) menunjukkan p-value = 0.004 dan OR (Odds Ratio) sebesar 25.000. Artinya terdapat pengaruh parental feeding terhadap status gizi kurang anak usia pra sekolah di Taman Kanak-Kanak 1 Desa Sindurejo Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan dan parental feeding kurang baik mempunyai kemungkinan (probabilitas) 25 kali mengalami status gizi kurang dibandingkan dengan responden dengan parental feeding baik.

Kesimpulan : Terdapat pengaruh yang signifikan antara parental feeding terhadap status gizi kurang anak usia pra sekolah di Taman Kanak-Kanak 1 Desa Sindurejo Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan.

 

Kata Kunci : Status Gizi Kurang, Parental Feeding

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v6i1.293

Article Metrics

Abstract viewed : 93 times
Full Text files downloaded : 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.