PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG METODE RICE PADA ANKLE SPRAIN TERHADAP PENGETAHUAN DAN PERILAKU REMAJA LAKI-LAKI DI PURWODADI

Bunga Permata Sakti, Nurulistyawan Tri Purnanto, Sulistiyarini Sulistiyarini

Abstract


Latar Belakang: Ankle sprain merupakan cedera paling umum yang terjadi di Sekolah Menengah Atas selama kegiatan olah raga. Dampak yang ditimbulkan adalah nyeri sendi dan kelemahan berjangka panjang. Pertolongan pertama pada ankle sprain adalah dengan menggunakan metode RICE (Rest, Ice, Compression and Elevation). Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMK Negeri 2 Purwodadi Kabupaten Grobogan terhadap 15 remaja laki-laki kelas X, hanya satu yang berpengetahuan sedang, selebihnya remaja belum tahu pelaksanaan metode RICE pada ankle sprain. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh pendidikan kesehatan tentang metode RICE pada ankle sprain terhadap pengetahuan dan perilaku remaja laki-laki di Purwodadi.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain pra-experiment dengan pendekatan One Group Pre-test Post-test Design. Teknik sampling yang digunakan adalah Non Probability Sampling dan di dapatkan 30 responden.

Hasil: Analisis uji Wilcoxon diperoleh hasil nilai mean pra-test pengetahuan adalah 15,67 dan mengalami peningkatan ketika dilakukan post-test pengetahuan sebesar 62,50. Didapatkan hasil untuk nilai mean pra-test perilaku adalah 66,33 dan mengalami peningkatan ketika dilakukan post-test perilaku sebesar 86,47. Hasil hipotesa dikedua hasil uji yaitu pra-post-test pengetahuan dan perilaku yaitu p value 0,000 < ? (0,05). 

Kesimpulan: Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan tentang metode RICE pada ankle sprain terhadap pengetahuan dan perilaku remaja laki-laki di Purwodadi.

 

Kata kunci : Pendidikan Kesehatan, RICE, Ankle Sprain, Pengetahuan, Perilaku

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v6i1.292

Article Metrics

Abstract viewed : 342 times
Full Text files downloaded : 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.