HUBUNGAN BEBAN KERJA DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI DI PASAR UMUM PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN JAWA TENGAH

Kiki Nuril Fadhila

Abstract


Latar Belakang : Hipertensi merupakan masalah kesehatan global. Kontrol Hipertensi yang buruk berkontribusi terhadap terjadinya perubahan fisik, psikologis, maupun sosial seperti stres. Stres pada pasien hipertensi mempunyai implikasi buruk terhadap kualitas hidup.Tujuan : Untuk menganalisa hubungan beban kerja dengan kejadian hipertensi pada karyawan di Pasar Umum Purwodadi Kabupaten Grobogan Jawa Tengah.

Metode: Penelitian ini menggunakan case control dengan pendekatan retrospektif dengan teknik probability sampling.

Hasil: Penelitian dilakukan pada wanita usia 30-60 tahun yang bekerja sebagai karyawan toko sayuran di Pasar Umum Purwodadi Kabupaten Grobogan Jawa Tengah, dengan sampel sebanyak 20 orang diambil di Pasar Umum Purwodadi Kabupaten Grobogan Jawa Tengah. Analisa data dengan menggunakan uji chi square dengan alternatif uji Fisher. Hasil penelitian Univariat dari 20 responden di Pasar Umum Purwodadi Kabupaten Grobogan Jawa Tengah beban kerja karyawan berat sebanyak 30%, sedangkan hasil penyakit Hipertensi sebanyak 50%. Hasil penelitian bivariat didapatkan hasil 20 responden yang memiliki beban kerja berat terdapat 6 responden 30% yang penderita Hipertensi, dan hasil uji Chi square ini didapatkan nilai P Value = 0,005.

Kesimpulan : Kesimpulan dari penelitian ini bahwa ada hubungan yang bermakna antara beban kerja dengan terjadinya penyakit Hipertensi. Kemudian didapatkan OR=0,286 artinya orang mengalami Hipertensi karena beban kerja berat 0,28 kali lebih pada responden mengalami beban kerjaberat

 

Kata Kunci : Beban Kerja, Hipertensi

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v6i1.291

Article Metrics

Abstract viewed : 317 times
Full Text files downloaded : 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.