HUBUNGAN PERAN KELUARGA DALAM MEMBERIKAN DUKUNGAN TERHADAP PENCEGAHAN PENINGKATAN ASAM URAT PADA LANSIA DI DUSUN PASEBAN MANGUNREJO KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN DEMAK

Anis Fathur Rohmah

Abstract


Latar Belakang : Asam urat merupakan zat hasil metabolisme purin dalam tubuh yang terjadi akibat kelebihan asam urat dalam darah yang kemudian menumpuk dan tertimbun dalam bentuk kristal-kristal pada persendian. Penyebab lainnya seperti obesitas (kegemukan), penyakit kulit (psoriasis), kadar trigliserida yang tinggi, penderita diabetes yang tidak terkontrol dengan baik. Berdasarkan Data Rekapitulasi Dinas Kesehatan di Kabupaten Demak Prevalensi penyakit asam urat sebesar 20,6% (Dinkes 2019). Tujuan: Menganalisis ada hubungan peran keluarga dalam memberikan dukungan terhadap pencegahan asam urat pada lansia di Dusun Paseban Desa Mangunrejo Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak

Metode: Survey yang bersifat analitik, yang menggunakan pendekatan cross sectional dengan metode pengumpulan data yang didapatkan melalui kuesioner yang terstruktur yang ditujukan 24 responden di Dusun Paseban Mangunrejo Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak yang didapat dengan menggunakan teknik porposive sampling.

Hasil: Karakteristik umur responden di Dusun Paseban Mangunrejo Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak berusia 60-65 tahun sebesar 58,3%, responden berpendidikan SD sebesar 58,3%, responden berjenis kelamin perempuan  sebesar 66,7%, responden mendapatkan informasi sebesar 100%, dan responden  mendapatkan sumber informasi dari petugas kesehatan  sebesar 75%. Sedangkan  peran keluarga baik dalam memberikan dukungan sebesar 83,3% dan pencegahan peningkatan asam urat pada lansia baik sebesar 70,8%. Dari hasil uji statistik Spearman S Rank diperoleh angka signifikan dari (p = 0,001  < ? = 0,05)  dengan nilai korelasi 0,615, maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Kesimpulan : Terdapat ada hubungan yang signifikan dalam peran keluarga dalam memberikan dukungan terhadap pencegahan peningkatan asam urat pada di Dusun Paseban Mangunrejo Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak lansia.

 

Kata Kunci : Peran Keluarga, Pencegahan, Asam Urat

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v6i1.290

Article Metrics

Abstract viewed : 474 times
Full Text files downloaded : 234 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.