PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA IBU PRIMIGRAVIDA 1 TENTANG STUNTING

Sutiyono Sutiyono, Nurya Kumalasari

Abstract


Latar Belakang : Stunting merupakan salah satu masalah pertumbuhan yang diakibatkan kurangnya gizi pada anak. Berdasarkan data dari Riskesdas (2018) sebanyak 62,847 balita mengalami stunting (54,9%). Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Danie (2017) menyatakan bahwa anak yang mengalami stunting dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan ibu yang kurang (46,7%). Untuk mengurangi kejadian stunting pada anak, Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan telah melakukan berbagai cara. Memberikan pendidikan kesehatan pada ibu tentang pola asuh dan memberikan pendidikan kesehatan seksual dan reproduksi serta gizi pada remaja tetapi hasilnya belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempengaruhi pengaruh media pembelajaran komik terhadap pengetahuan ibu primigravida 1 tentang stunting di Kabupaten Grobogan Tahun 2019

Metode: metode penelitian ini menggunakan desain true eksperimen dengan rancangan randomized salomon four group. Analisa data dibagi 2 yaitu analisis bivariat.

Hasil: adanya perubahan pada pengetahuan ibu tentang stunting dengan media  komik dengan nilai signifikan 0,0001 dengan nilai beda sebesar 5.181 dan adanya perubahan rata rata sebesar 6,52. Adanya perubahan pada pengetahuan ibu tentang kehamilan dengan media komik dengan nilai signifikan 0,009 dengan nilai beda sebesar 2.837 dan adanya perubahan rata rata sebesar 3,64. Adanya perubahan pada pengetahuan ibu tentang gizi dengan media komik dengan nilai signifikan 0,0001 dengan nilai beda sebesar 6,053 dan adanya perubahan rata rata sebesar 5,56.

Kesimpulan : terdapat pengaruh pengembangan media pembelajaran komik tentang stunting, kehamilan dan gizi terhadap pengetahuan ibu tentang stunting di Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan.

 

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Primigravida, Stunting

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v5i2.235

Article Metrics

Abstract viewed : 87 times
Full Text files downloaded : 135 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.