HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DENGAN KECEMASAN DALAM MENGHADAPI PROSES PERSALINAN IBU PRIMIGRAVIDA TRIMESTER III DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS WIROSARI 1

Wahyu Riniasih, Wahyu Dewi Hapsari, Nipriyanti Nipriyanti

Abstract


Latar Belakang; Kehamilan dapat menjadi sumber stressor kecemasan, terutama pada kehamilan ibu primigravida trimester III. Salah satu upaya yang dilakukan tenaga kesehatan untuk menurunkan tingkat kecemasan pada ibu hamil menghadapi proses persalinan yaitu memberikan pelayanan kesehatan serta informasi dan pendidikan kesehatan pada saat pemeriksaan kehamilan (ANC). Berguna untuk memantapkan rencana persalinan baik secara fisik maupun psikis. Data dari Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah tahun 2017 dengan persentase cakupan kunjungan pertama (K1= 98,9%) dan kunjungan ke empat (K4= 92,4%), menunjukkan kunjungan K4 masih rendah (<95%) dibandingkan K1 yang sudah memenuhi target nasional (>95%). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan tingkat pendidikan dengan kecemasan dalam menghadapi proses persalinan ibu primigravida trimester III di wilayah kerja Puskesmas Wirosari I.

Metode; Penelitian ini menggunakan metode penelitian  survey analitik dengan desain cross sectional. Sampel yang digunakan sejumlah 46 responden dengan tehnik sampling menggunakan purpossive sampling.

Hasil; Berdasarkan analisis menggunakan komputerisasi dengan Uji Chi-Square didapatkan tidak ada sel yang mempunyai nilai expeted count < 5 % dan analisis antara tingkat pendidikan dengan kualitas hidup diperoleh nilai P value 0,01 yang berarti nilai p < 0,05.

Simpulan; Dari hasil penelitian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan dengan kecemasan dalam menghadapi proses persalinan ibu primigravida trimester III.

 

Kata Kunci : Tingkat Pendidikan, Kecemasan, Primigravida Trimester III

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v5i2.234

Article Metrics

Abstract viewed : 510 times
Full Text files downloaded : 153 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.