PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP ANGKA KEJADIAN PERNIKAHAN DINI DI WILAYAH DESA JAMBON KECAMATAN PULOKULON

Fitriani Fitriani, Rahmawati Rahmawati

Abstract


Latar Belakang: Pernikahan dini merupakan suatu pernikahan formal atau tidak formal yang dilakukan dibawah usia 18 tahun.kabupaten grobogan berada pada angka pernikahan dini tertinggi ketiga di jawa tengah.  penyebab utama terjadinya pernikahan usia dini diakibatkan adanya hamil di luar nikah. Oleh karana itu perlu dilakukan pendidikana kesehatan tentang pernikahan dini untuk menurunkan angka kejadian pernikahan pada usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan media poster dan leaflet terhadap penurunan kejadian angka pernikahan dini di desa jambon.

Metode: desain yang digunakan pada penelitian ini pre experimental design.dengan pendekatan pre-post test gruop. Tehnik sampling menggunakan total sampling dengan jumlah responden 158 responden.

Hasi: Berdasarkan uji wilcoxon  Diketahui p value (0,317) < ? 0,05. Dari hasil uji beda diatas menunjukkan nilai p value lebih besar dari 0,05 artinya tidak ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan media poster dan leaflet terhadap penuruna angka penikahan dini.

Kesimpulan: tidak terdapat pengaruh pendidikan kesehatan dengan angka  kejadian pernikahan dini di wilayah Desa Jambon Kecamatan Pulokulon.

 

Kata Kunci     : Pendidikan Kesehatan, Poster, Leaflet, Pernikahan Dini


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v5i2.230

Article Metrics

Abstract viewed : 202 times
Full Text files downloaded : 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.