HUBUNGAN MANAJEMEN DIRI DENGAN KONSEP DIRI PADA PASIEN DIABETES MILITUS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PALARAN SAMARINDA

Fitroh Asriyadi, Wahyu Riniasih

Abstract


Latar Belakang: Diabetes Melitus membuat penderita lebih terbatas dalam menjaga pola-pola kesehatan.Tujuan pembatasan tersebut untuk mengendalikan kadar gula darah agar tetap stabil danmencegah terjadinya komplikasi yang lebih parah, selain itu pengendalian DM dilakukan dalamjangka waktu panjang dan komplek (Asdi, H.A, 2000). Dampak yang ditimbulkan adalahperubahan perubahan gaya hidup dan pandangan pasien terhadap dirinya. Tujuan dari penelitian ini menganalisis hubungan manajemendiri (self management) dengan konsep diri pada penderita Diabetes Mellitus di wilayah kerjaPuskesmas Palaran Samarinda

Metode: Rancangan penelitian ini adalah descriptive correlation dengan metode Cross Sectional Populasi dalam penelitian ini adalah pasien Diabetes mellitus di Puskesmas Palaran sebanyak 85orang.Sampe diambil dengan menggunakan metode Probability Sampling dengan teknik sampling Accidental Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 75 orang dan di analisis menggunakan Chi Square/ Chi Kuadrat.

Hasil: Berdasarkan analisi dengan Uji Chi-Square didapatkan tidak ada sel yang mempunyai nilai expeted count < 5 % dan analisis antara hubungan manajemen diri dengan konsep diri diperoleh nilai P value 0,00 yang berarti nilai p < 0,05.

Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara manajemen diri dengan konsep diri pada penderita Diabetes Mellitus di wilayah kerja Puskesmas Palaran Samarinda.

 

Kata Kunci : Diabetes Mellitus, Manajemen Diri, Konsep Diri

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v5i1.205

Article Metrics

Abstract viewed : 449 times
Full Text files downloaded : 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.