MOTIVASI KYAI SEMBUR DALAM PENGOBATAN ALTERNATIF

Puput Mulyono

Abstract


Latar belakang; Kecanggihan dunia medis sekarang ini nampaknya mulai diiringi oleh perkembangan berbagai pengobatan alternatif yang menjamur di berbagai tempat termasuk kyai sembur. Kyai sembur adalah Kyai yang tidak punya pesantren maupun majelis taklim tetapi sering kedatangan masyarakat untuk berkonsultasi, dimintai berkah doanya oleh masyarakat karena Kyai Sembur ini memiliki derajat spiritualitas yang tinggi. Tujuan penulisan jurnal ini adalah untuk mengetahui bagaimana motivasi kyai sembur dalam pengobatan alternatif.  

Metode; Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode pengumpulan data secara observasi, interview dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif.

Hasil; Dalam penelitian ini diungkapkan bahwa dari ketiga subyek, dapat dilihat bahwa motivasi seseorang menjadi kyai sembur pada pengobatan alternatif karena ingin menolong sesama. Hal ini dapat diketahui dari kebiasaan subyek, baik subyek pertama sampai subyek ketiga, yang cenderung ingin hidupnya bermakna bagi orang lain.

Kesimpulan; Motivasi seseorang menjadi kyai sembur pada pengobatan alternatif karena ingin menolong sesama.

 

Kata kunci; Motivasi, Pengobatan Alternatif


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v2i2.20

Article Metrics

Abstract viewed : 269 times
Full Text files downloaded : 78 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.