PENGARUH RELAKSASI LATIHAN NAFAS DALAM TERHADAP PENURUNAN TEKANANDARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI DESA PLOSOREJO UPTD PUSKESMAS TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN

Fitriani Fitriani, Suryani Suryani, Wahyu Hidayat

Abstract


Latar belakang; Hipertensi disebut juga silent killer karena terjadi secara tiba-tiba dan tidak diketahui. Insiden penyakit ini terus bertambah setiap tahunnya. Sampai saat ini, penatalaksanaan hipertensi hanya berfokus pada pengobatan dan diet. Pada perkembangan sekarang, untuk mengatasi hipertensi dapat dilaksanakan melalui relaksasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh nafas dalam terhadap penurunan tekanan darah pada pasien hipertensi.

Metode; Penelitian ini menggunakan experimental studi dengan pendekatan pre experiment with One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan total 36 responden. Analisa menggunakan t-test.

Hasil; Hasil penelitian menunjukkan t-hitung untuk systolic (11,310), dan diastolic (5,680) yang berarti lebih besar dari t-tabel (1,70) pada tingkat signifikan (0,005). Latihan pernafasan dalan selama 15-20 menit setiap hari sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah.

Kesimpulan; Ada pengaruh relaksasi latihan nafas dalam terhadap penurunan tekanan darah pada pasien hipertensi

 

Kata Kunci; Nafas Dalam, Tekanan Darah, Hipertensi

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v2i1.18

Article Metrics

Abstract viewed : 295 times
Full Text files downloaded : 82 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.