TERAPI HOLISTIK BAGI PENYEMBUHAN PENYAKIT (STUDI ANALISIS DI PAGUYUBAN TRI TUNGGAL SEMARANG)

Puput Mulyono

Abstract


Latar belakang; Kecanggihan dunia medis sekarang ini nampaknya mulai diiringi oleh perkembangan berbagai pengobatan alternatif yang menjamur di berbagai tempat. Bahwa kehadiran pengobatan alternatif tersebut tidak dapat dipungkiri peranannya dalam ikut menyehatkan masyarakat melalui terapi holistik. Terapi holistik adalah terapi yang bertujuan untuk menangani individual sebagai satu kesatuan yang mencakup tubuh halus dan tubuh jasmani dengan mendasarkan kondisi kejiwaan sebagai yang utama. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana terapi holistik dan hubungannya terhadap penyembuhan penyakit di Paguyuban Tri Tunggal Semarang.

Metode; Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) melalui observasi, interview dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif.

Hasil; Penelitian ini diungkapkan bahwa terapi holistik terdiri dari tiga jenis terapi yaitu terapi penyembuhan jarak jauh, transfer penyakit ke hewan dan ruwatan. Kelebihan terapi holistik di Paguyuban Tri Tunggal Semarang yaitu tidak memakai obat-obatan kimia sehingga dari segi medis tidak mempunyai efek samping, pengobatannya secara holistik (menyeluruh) jasmani dan rohani seimbang.

Kesimpulan; Terapi holistik mampu membantu menyembuhkan penyakit tanpa obat-obatan.

 

Kata kunci; Terapi Holistik, Tri Tunggal

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v1i2.17

Article Metrics

Abstract viewed : 709 times
Full Text files downloaded : 385 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.