PENGARUH MOBILISASI POST SECTIO CAESAREA (SC) TERHADAP LAMANYA PENYEMBUHAN LUKA DI RUANG DAHLIA dr.RADEN SOEDJATI PURWODADI, GROBOGAN

Sulistiyarini Sulistiyarini, Sutiyono Sutiyono

Abstract


Latar belakang: Mobilisasi merupakan faktor yang menonjol dalam mempercepat pemulihan pasca bedah dan dapat mencegah komplikasi, serta diharapkan ibu nifas dapat menjadi lebih sehat dan lebih kuat, selain juga dapat melancarkan pengeluaran lochea, membantu proses penyembuhan luka akibat proses persalinan, mempercepat involusi alat kandungan, melancarkan fungsi alat gastrointestinal, alat perkemihan serta meningkatkan kelancaran peredaran darah sehingga mempercepat fungsi air susu ibu (ASI) juga dapat mempercepat pengeluaran sisa metabolisme. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mobilisasi post Sectio Caesarea (SC) terhadap lamanya penyembuhan luka.

Metode: Penelitian ini termasuk jenis penelitian pre-experiment dengan rancangan One-Short Case Study yang hanya mengukur hasil dari suatu independent, pengambilan 28 sampel dengan purposive sampling pada pasien post SC di Ruang Dahlia RSUD dr. Raden Soedjati Purwodadi. Pengambilan data dengan menggunakan lembar observasi mobilisasi dan lembar observasi lama penyembuhan luka. Analisa data yang digunakan adalah uji One Sampel T-test.

Hasil - Hasil uji One Sampel t-Test (Uji satu sampel) pada 28 responden yang melakukan mobilisasi didapatkan p value (0,000) < α (0,05). Dari data tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya Ada Pengaruh Mobilisasi Post SC Terhadap Lamanya Penyembuhan Luka di Ruang Dahlia RSUD dr. Raden Soedjati Purwodadi-Grobogan.

Simpulan, - Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa luka post SC lebih cepat sembuh dengan melakukan mobilisasi post SC secara bertahap dan dimulai antara 6-12 jam pasca operasi.

 

Kata kunci     : Mobilisasi post Sectio Caesarea (SC), Lama penyembuhan luka Sectio Caesarea (SC)

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v2i1.161

Article Metrics

Abstract viewed : 500 times
Full Text files downloaded : 88 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.