HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN THE BIG FIVE DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA PARANORMAL DEWASA MADYA DI KOTA SEMARANG

Puput Mulyono

Abstract


Latar belakang; Masyarakat Indonesia pada umumnya masih mempercayai hal-hal mistis. Hal ini terbukti dari menjamurnya praktik-praktik paranormal di berbagai daerah. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris hubungan antara kepribadian the big five dengan kesejahteraan psikologis pada paranormal dewasa madya di Kota Semarang. Hipotesis yang diajukan adalah hubungan antara kepribadian the big five dengan kesejahteraan psikologis pada paranormal dewasa madya di Kota Semarang.

Metode; pengumpulan data yang digunakan adalah dengan skala kesejahteraan psikologis dan skala karakteristik kepribadian. Metode analisis data menggunakan analisis regresi lima prediktor untuk menguji hipotesis mayor dan analisis korelasi product moment untuk menguji hipotesis minor.

Hasil; Uji hipotesis mayor adalah secara simultan ada hubungan yang signifikan antara karakteristik kepribadian dengan kesejahteraan psikologis pada paranormal, yang ditunjukkan dengan nilai korelasi Rx1-5y=0,877 dan F=40,753 dengan p<0,01. Hasil uji hipotesis minor adalah (1) ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara neurotism dengan kesejahteraan psikologis pada paranormal (rx1y=-0,460, p<0,01), (2) ada hubungan positif yang sangat signifikan antara extraversion dengan kesejahteraan psikologis pada paranormal (rx2y=0,724, p<0,01), (3) ada hubungan positif yang sangat signifikan antara openness dengan kesejahteraan psikologis pada paranormal (rx3y=0,646, p<0,01), (4) ada hubungan positif yang sangat signifikan antara agreeableness dengan kesejahteraan psikologis pada paranormal (rx4y=0,724, p<0,01), (5) ada hubungan positif yang sangat signifikan antara conscientiousness dengan kesejahteraan psikologis pada paranormal (rx5y=0,740, p<0,01).

Kesimpulan; Hipotesis diterima.

 

Kata kunci: Kesejahteraan Psikologis, Kepribadian The Big Five, Paranormal

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v1i1.16

Article Metrics

Abstract viewed : 115 times
Full Text files downloaded : 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.