PEMBINAAN DAN PENGAWASAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP PENANGGULANGAN PENYAKIT MENULAR (KUSTA)

Tety Sulestiyowati

Abstract


Latar Belakang; Pembinaan dan pengawasan Pemerintah Daerah terhadap penanggulangan penyakit menular kusta perlu ditingkatkan. Mengingat seriusnya dampak yang ditimbulkan dari kejadian luar biasa dan wabah akibat penyakit menular, sehingga perlu diambil langkah-langkah pembinaan dan pengawasan bagi masyarakat.Untuk itu perlu dilihat peraturan perundang-undangan yang komprehensip di bidang penanganan wabah penyakit. Bagaimana pembinaan dan pengawasan Pemerintah Daerah terhadap penanggulangan penyakit menular kusta? Bagaimana kendala-kendala yang dihadapi Pemerintah Daerah dalam pembinaan dan pengawasan penanggulangan penyakit menular kusta? Bagaimana mengatasi kendala-kendala yang dihadapi Pemerintah Daerah dalam pembinaan dan pengawasan penanggulangan penyakit menular kusta di Kabupaten Jepara?

Metode; Pendekatan penelitian ini adalah yuridis normatif, spesifikasi penelitiannya deskriptif analitis, Analisis datanya kualitatif.

Hasil; Dapat disimpulkan bahwa regulasi pembinaan dan pengawasan terhadap penanggulangan penyakit menular kusta yang telah dilakukan oleh pemerintahan daerah dengan mengeluarkan berbagai regulasi. Pembinaan dan pengawasan pemerintah daerah tersebut dinilai masih lamban sehingga angka kesakitan penyakit kusta di Wilayah Kabupaten Jepara masih tinggi. Kendala yang dihadapi pemerintah daerah dalam progam penanggulangan penyakit kusta yaitu penderita masih kurang responsif terdapat penyakit yang dideritanya, kurangnya tenaga atau sumber daya manusia dalam pelaksanaan pemberantasan penyakit kusta, sehingga petugas kesehatan yang menangani penyakit kusta harus mendapatkan double job dan kurangnya peran serta masyarakat dalam pengendalian penyakit menular kusta.Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut pemerintah daerah perlu memberikan penyuluhan tentang bahaya penyakit kusta dan cara penularannya dan memberikan pengobatan kepada secara cepat dan tepat untuk mencegah terjadi kecacatan, supaya dapat dilakukan tindakan oleh para petugas kesehatan di Wilayah Kabupaten Jepara.

 

Kata Kunci: Pembinaan, Pengawasan, Pemerintah Daerah, Penanggulangan Penyakit Menular Kusta

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v4i1.152

Article Metrics

Abstract viewed : 430 times
Full Text files downloaded : 140 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.