STUDY KASUS PENGGUNAAN TELEPON GENGGAM (ANDROID) PADA REMAJA USIA 17-18 TAHUN DI DUSUN NGREBO DESA KEDUNGREJO KECAMATAN PURWODADI

Rahmawati Rahmawati, Christina Nur Widayati

Abstract


Latar Belakang : Penggunaan telepon genggam (android) merupakan suatu kegiatan yang sudah menjadi kebutuhan primer bagi remaja. WHO (2016, dalam TribunNews.com, 2017) didapatkan prevalensi penderita nyeri kepala yang dialami orang dewasa secara global ditahun 2016 mencapai 50%. Sekitar tiga perempat orang dewasa berusia 17-65 tahun merupakan yang paling sering mengalami nyeri kepala. Data dari hasil wawancara di Dusun Ngrebo didapatkan 20 remaja yang mengalami nyeri kepala. Tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan telepon genggam (android) pada remaja usia 17-18 tahun di Dusun Ngrebo Desa Kedungrejo Kecamatan Purwodadi.

Metode: Penelitian ini mengggunakan desain Cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah Non Probability Sampling dengan metode Total Sampling dan didapatkan sampel berjumlah 48 responden.

Hasil: Berdasarkan analisis menggunakan uji Univariate dengan bantuan komputerisasi didapatkan hasil uji antara pengaruh penggunaan telepon genggam (android) pada remaja usia 17-18 tahun diketahui penggunaan telepon genggam baik sebesar 56,2% dan penggunaan kurang baik sebesar 43,8%.

Simpulan: Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan telepon genggam (android) pada remaja usia 17-18 tahun dengan penggunaan telepon genggam baik sebesar 56,2%.

 

Kata Kunci : penggunaan telepon genggam (android)

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v4i1.150

Article Metrics

Abstract viewed : 143 times
Full Text files downloaded : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.