STUDI FENOMENOLOGI GAMBARAN FISIK DAN KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF PADA IBU HAMIL DENGAN HIV/AIDS

Rochany Septiyaningsih, Dhiah Dwi Kusumawati, Frisca Dewi Yunadi

Abstract


Latar belakang; Penyebaran HIV sangat cepat keseluruh dunia. Tingginya jumlah kasus HIV/AIDS berdampak terhadap populasi umum, seperti ibu hamil sehingga meningkatnya risiko penularan dari ibu ke bayi. Ibu hamil dengan HIV mengalami peningkatan depresi dan kekhawatiran terhadap stigma masyarakat. Adanya penurunan kondisi fisik dan psikologis tersebut mempengaruhi kondisi ibu hamil dengan HIV yang sudah mengalami penurunan kondisi dari kehamilannya sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi gambaran fisik dan kesejahteraan subjektif pada ibu hamil dengan HIV/AIDS di Kabupaten Cilacap.

Metode; Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Sampel penelitian ini 2 orang ibu yang pernah hamil dengan HIV. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan melakukan wawancara mendalam dan dokumentasi. Pengambilan informan diambil secara purposive sampling.

Hasil; Hasil penelitian kedua responden tidak mengalami penurunan kondisi fisik, tidak mengalami gangguan aktifitas fisik, dan upaya menjaga kesehatan secara rutin. Kedua responden mengalami kecemasan apabila janinnya nanti akan tertular dan kecemasan menghadapi operasi sesar.

Kesimpulan; Kesejahteraan subjektif pada ibu hamil dengan HIV/AIDS merupakan kebahagiaan yang bersumber pada domain pernikahan dan kondisi kesehatan.

 

Kata kunci : Ibu Hamil, HIV/AIDS, Gambaran Fisik, Kesejahteraan Subjektif


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v3i2.134

Article Metrics

Abstract viewed : 345 times
Full Text files downloaded : 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.