PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TUBERCULOSIS PADA MASYARAKAT TERHADAP KESADARAN DETEKSI DINI PENYAKIT TUBERCULOSIS DI PUSKESMAS TOROH I KABUPATEN GROBOGAN

Sutiyono Sutiyono, Ida Rahayu Kuriniawati

Abstract


Latar Belakang: Penyakit Tuberculosis paru kurang mendapatkan perhatian dini dari penderita atau tanpa disadari penyakit ini telah menjadi lanjut. Hal ini disebabkan pertumbuhan bibit penyakit dan perjalanan penyakit tuberculosis yang bersifat lambat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tuberculosis pada masyarakat terhadap kesadaran deteksi dini penyakit tuberculosis di Puskesmas Toroh I Kabupaten Grobogan. 

Metode: Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan pendekatan Pre Test Post Test With Control Design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan didapatkan 30 responden yang yang dibagi menjadi 2 kelompok. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, kuesioner kesadaran deteksi dini penyakit tuberculosis untuk mengukur kesadaran responden untuk melakukan deteksi dini penyakit tuberculosis. Kuesioner ini telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis datanya dengan bantuan computerized menggunakan uji Paired t test dengan taraf signifikansi 95 %.

Hasil: (1) Rata-rata kesadaran deteksi dini penyakit tuberculosis paru sebesar 7,40, sedangkan pada kelompok kontrol, nilai rata-rata kesadaran deteksi dini penyakit tuberculosis paru sebesar 7,33, (2) rata-rata kesadaran deteksi dini penyakit tuberculosis paru sebesar 7,33, sedangkan pada kelompok kontrol, nilai rata-rata kesadaran deteksi dini penyakit tuberculosis paru sebesar 8,67, (3) Ada perbedaan rata-rata pre dan post kelompok intervensi dengan nilai t hitung (9,255) > t tabel (2,144) dan nilai p value  (0,001) < α (0,05), (4) Ada perbedaan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol dengan nilai Z (4,745) dan nilai pv (0,000) < α 0.05.

Kesimpulan: Berdasarkan hasil uji Paired t test disimpulkan bahwa ada pengaruh pendidikan kesehatan tuberculosis pada masyarakat terhadap kesadaran deteksi dini penyakit tuberculosis di Puskesmas Toroh I Kabupaten Grobogan.

 

Kata kunci : Pendidikan Kesehatan, Kesadaran, dan Tuberculosis

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v3i2.118

Article Metrics

Abstract viewed : 255 times
Full Text files downloaded : 267 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.