HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG IMUNISASI DENGAN STATUS IMUNISASI DASAR BALITA DI DESA PILANGPAYUNG KECAMATAN TOROH

Christina Nur Widayati, Meity Mulya Susanti, Renditya Abtian Hidyatama

Abstract


Latar belakang: Imunisasi telah diakui sebagai upaya pencegahan penyakit yang paling sempurna dan berdampak terhadap peningkatan kesehatan masyarakat serta merupakan usaha yang sangat hemat biaya dalam mencegah penyakit menular yakni tuberculosis, difteri, pertusis, tetanus, polio, campak, dan hepatitis B. Secara spesifik program imunisasi di Indonesia memiliki target cakupan imunisasi lengkap minimal 80% secara merata pada bayi (usia kelahiran sampai 1 tahun). Wilayah desa Pilangpayung memiliki cakupan paling rendah di Kecamatan Toroh. Berkaitan dengan hal tersebut penelitian ini akan menganalisa hubungan tingkat pengetahuan dan sikap ibu tentang imunisasi dengan status imunisasi balita di desa pilangpayung Kecamatan Toroh.

Tujuan: Mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dan sikap ibu tentang imunisasi dengan status imunisasi balita di desa pilangpayung kecamatan Toroh.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen dengan pendekatan cross sectional terhadap 25 responden yaitu ibu-ibu yang memiliki bayi usia 9bulan -1 tahun di desa pilangpayung kecamatan Toroh.

Hasil: didapatkan hasil analisa data uji kolmogorov  pengetahuan ibu dengan status imunisasi dasar pvalue < ptabel yaitu : 0.001, dan analisa data uji fisher sikap ibu dengan status imunisasi dasar didapatkan hasil pvalue < ptabel yaitu : 0.001. Dapat diartikan bahwa ada hubungan antara tingkat pengetahuan dan sikap ibu tentang imunisasi dengan status imunisasi balita di desa pilangpayung kecamatan Toroh.

Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dan sikap ibu tentang imunisasi dengan status imunisasi dasar balita di desa pilangpayung Kecamatan Toroh.

 

Kata Kunci: Pengetahuan dan Sikap, Ibu, Status Imunisasi

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v3i2.117

Article Metrics

Abstract viewed : 325 times
Full Text files downloaded : 82 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.