PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN STIMULASI TUMBUH KEMBANG TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA 12-24 BULAN DI DESA LEMBU KEC. BANCAK KAB SEMARANG

Citra Elly Agustina

Abstract


Latar belakang; Tumbuh kembang anak yang optimal adalah dambaan setiap orang tua. Dalam mewujudkannya tentu saja orang tua harus selalu memperhatikan, mengawasi dan merawat anak secara seksama. Periode penting dalam tumbuh kembang anak adalah masa balita. Pada masa ini pertumbuhan dasar akan mempengaruhi dan menentukan perkembangan anak selanjutnya. Pembinaan tumbuh kembang anak secara komprehensif dan berkualitas diselenggarakan melalui kegiatan stimulasi, deteksi dan intervensi dini penyimpangan tumbuh kembang balita. Cakupan stimulasi tumbuh kembang tersebut masih jauh di bawah target Standar Pelayanan Minimal sebesar 90%.

Metode: Desain Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan rancangan Randomized Pre Test Post Test Control Group Design, sampel yang digunakan pada penelitian sebanyak 15 responden kelompok intervensi dan 15 responden kelompok kontrol dengan teknik pengambilan sampel probability sampling, instrumen yang digunakan yaitu kuesioner, media pendidikan kesehatan dan lembar observasi KPSP untuk mengetahuai perkembangan anak sebelum dan setelah perlakuan. Analisis data yang digunakan yaitu analisa univariat dan bivariat dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji Paired T  Test dan Independent T Test.

Hasil; Penelitian menunjukkan bahwa terdapat selisih perkembangan sebelum diberikan pendidikan kesehatan pada kelompok intervensi yaitu 8,33±1,45 dan setelah diberikan pendidikan kesehatan yaitu 9,29±1,03 maka terjadi peningkatan perkembangan antara pre dan post, serta hasil uji Independent T Test 0,000 (p<0,05) sehingga terdapat perbedaan perkembangan yang signifikan antara sebelum dan sesudah pada kelompok intervensi.

Kesimpulan; Pemberian stimulasi tumbuh kembang sangat dibutuhkan dan mempengaruhi perkembangan anak sesuai tahap perkembangannya.

 

Kata Kunci : Stimulasi Tubuh Kembang, Penilaian Perkembangan Anak


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v3i2.115

Article Metrics

Abstract viewed : 374 times
Full Text files downloaded : 144 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.