PERSEPSI PASIEN JAMKESMAS TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DI PUSKESMAS GROBOGAN KABUPATEN GROBOGAN

Rita Agustina Fitriani, Sutiyono Sutiyono

Abstract


Latar belakang, Pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin adalah masalah yang komplek dan penting  bagi manusia, sehingga semua manusia berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak. Puskesmas merupakan pihak terdepan dalam pelayanan kesehatan dengan memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat diwilayah kerjanya dalam bentuk kegiatan pokok, dengan perawat sebagai sumber daya manusia yang utama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pasien jamkesmas terhadap kualitas pelayanan keperawatan di puskesmas Grobogan.

Metode ; Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara mendalam  dengan 10 informan. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif model interaktif dengan tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil, Hasil penelitian dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan Keperawatan yang diberikan puskesmas Grobogan kabupaten Grobogan kepada pasien jamkesmas sesuai dengan persepsi pasien dan memberikan kepuasan kepada pasien jamkesmas. Dimensi yang menjadi pengukur kualitas pelayanan keperawatan di puskesmas Grobogan adalah:1) Bukti langsung dimana masih ada perawat yang belum lengkap dalam pemakaian atribut berseragam, 2) keandalan pelayanan yang tepat dan disiplin sesuai jadwal pelayanan yang ada, 3) daya tanggap perawat memberikan kepuasan dan respon positif pasien jamkesmas, 4) jaminan kepastian memberikan rasa aman dan nyaman yang dapat dirasakan pasien jamkesmas, 5) empati perawat terhadap pasien dengan komunikasi terapeutik untuk menjaga hubungan baik . 

Kesimpulan, Evaluasi kinerja perawat terutama dalam penampilan perawat yaitu dengan  meningkatkan kedisiplinan dalam memakai kelengkapan atribut perawat, menyediakan kotak saran dan menyebarkan angket untuk mengetahui persepsi dan tingkat kepuasan pasien.

 

Kata kunci : Persepsi, Jamkesmas, Kualitas Pelayanan Keperawatan, Mutu Pelayanan

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v1i1.100

Article Metrics

Abstract viewed : 158 times
Full Text files downloaded : 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.