GAMBARAN PENGETAHUAN IBU PRIMIGRAVIDA TRIMESTER III TENTANG INISIASI MENYUSUI DINI DI PUSKESMAS ASTAMBUL

Alfharia Kusuma Ariesta, Laily Himawati

Abstract


Latar Belakang: Program Inisiasi Menyusui Dini mempunyai manfaat yang besar untuk bayi maupun sang ibu yang baru melahirkan. Tetapi kurangnya pengetahuan dari sang orang tua, pihak medis, maupun keengganan untuk melakukannya membuat inisiasi menyusu dini masih jarang dilakukan. Besarnya manfaat ASI telah dikampanyekan oleh UNICEF (United Nations Children’s fund) melalui pekan menyusui sedunia atau word Breastfeeding week yang diselenggarakan setiap tanggal 1 – 7 Agustus. Kampanye itu antara lain mengajak masyarakat di seluruh dunia, terutama kaum ibu, untuk memberikan manfaat ASI kepada bayi serta mengenal manfaat pemberian ASI bagi dirinya sendiri. (Nadine, 2009).  

Metode: Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode survey. Populasi penelitian ini adalah semua ibu primigravida trimester III di Puskesmas Astambul pada Bulan April 2012, sebanyak 35. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik accidental sampling. Sampel pada penelitian ini adalah Ibu-ibu hamil yang datang di Puskesmas Astambul pada saat melakukan penelitian, sebanyak 30 orang ibu primigravida trimester III. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan data primer. Analisis data menggunakan ms excell.

Hasil: Berdasarkan analisis menggunakan komputerisasi didapatkan hasil bahwa sebagian besar responden memiliki penetahuan rendah sebanyak 21 responden aatau 70%.

 

Kata Kunci    :  Pengetahuan, Ibu Primipara, Inisiasi Menyusui Dini


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v2i2.84

Article Metrics

Abstract viewed : 328 times
Full Text files downloaded : 119 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.