PERSEPSI REMAJA PUTRI TENTANG PERSONAL HYGIENE MENSTRUASI DENGAN PERILAKU REMAJA PUTRI SAAT MENSTRUASI PADA SISWA KELAS XI SMK YPPM BOJA

Festy Mahanani Mulyaningrum, Yuwanti Yuwanti

Abstract


Latar Belakang; Kebiasaan menjaga kebersihan, termasuk kebersihan organ-organ reproduksi, merupakan awal dari usaha menjaga kesehatan tubuh secara umum. Salah satu perubahan fisik yang dialami remaja putri adalah menstruasi, yang menuntut harus mampu merawat genetalia dengan baik dalam hal personal hygiene menstruasi. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi tingkat pengetahuan remaja putri tentang personal hygiene menstruasi dengan perilaku remaja putri saat menstruasi pada siswa kelas X di SMK YPPM BOJA.

Metode; Jenis penelitian deskriptif korelasi dengan populasi 85 remaja putri. pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan sampel 66 remaja putri yang sudah menstruasi. Pengumpulan data dilakukan bulan juni 2017. Instrument penelitian menggunakan kuesioner pengetahuan dan perilaku remaja putri dalam perawatan kebersihan genetalia saat menstruasi.

Hasil; Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan responden tergolong baik (51.5%), pengetahuan cukup (36,4%) dan pengetahuan kurang (12,1%). responden yang memiliki perilaku baik (62,1%) dan memiliki perilaku buruk (37,9%). Hasil perhitungan dengan korelasi Kendal tau dapat dianalisis bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan remaja putri tentang personal hygiene menstruasi dengan perilaku remaja putri saat menstruasi sebesar 0,000 (p<0,05). Nilai Kendal tau sebesar 0,510 menunjukan nilai keeratan hubungan antara dua variabel dengan kategotr "cukup kuat"

Kesimpulan; Disarankan pihak sekolah maupun petugas kesehatan memberikan pendidikan kesehatan kepada remaja putri dalam perawatan kebersihan alat kelamin pada saat menstruasi sehingga mereka mendapat informasi yang benar khususnya tindakan dalam perawatan kebersihan alat kelamin pada saat menstruasi sehingga perilaku remaja semakin baik.

 

Kata kunci ; Personal Hygiene Menstruasi, Perilaku Remaja Putri


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v3i1.67

Article Metrics

Abstract viewed : 503 times
Full Text files downloaded : 178 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.