TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI PADA BALITA USIA 6-24 BULAN DI PUSKESMAS DEPOK II SLEMAN YOGYAKARTA

Luisa Arni Keo, Afroh Fauziah

Abstract


Latar Belakang: Pemberian MP-ASI yang terlalu dini akan dapat menurunkan konsumsi ASI, dan gangguan pencernaan pada balita. Sedangkan bila pemberian MP-ASI diberikan terlalu lambat balita akan mengalami kurang gizi, oleh karena itu pengetahuan tentang MP-ASI sangat penting. Hasil studi pendahuluan menunjukan bahwa dari 10 responden yang diwawancari 4 diantaranya mengetahui tentang MP-ASI sedangkan 6 lainnya belum mengetahui tentang MP-ASI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan Ibu tentang pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI) pada balita usia 6-24 bulan di Puskesmas Depok II, Sleman, Yogyakarta.

Metode: Jenis penelitian deskriptif. Teknik samplingnya Accidental sampling dengan 37 responden, instrument menggunakan kuesioner, analisisnya univariat. Subyek penelitian adalah ibu yang memeriksakan bayinya di Puskesmas Depok II Sleman, Yogyakarta.

Hasil: Berdasarkan karakterisktik mayoritas responden berusia 20-35 tahun (91.9%), berpendidikan menengah dan tinggi (40.5%), tidak bekerja (64.9%), dan mempunyai anak 1 (54.1%). Mayoritas responden mempunyai pengetahuan baik tentang pemberian MP-ASI pada balita usia 6-24 bulan di Puskesmas Depok II Sleman, Yogyakarta sebanyak 21 responden (56.8%).

Kesimpulan : Tingkat pengetahuan ibu tentang pemberian makanan pendamping ASI pada balita usia 6-24 bulan di Puskesmas Depok II Sleman, Yogyakarta dalam kategori baik.

 

Kata Kunci : Pengetahuan, MP-ASI, Balita


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v3i1.66

Article Metrics

Abstract viewed : 333 times
Full Text files downloaded : 222 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.