HUBUNGAN PENDAMPINGAN SUAMI DENGAN LAMA PERSALINAN KALA II DI PUSKESMAS GROBOGAN PADA TAHUN 2017

Sri Untari, Rizki Astarina

Abstract


Latar Belakang : Asuhan sayang ibu dalam lima benang merah persalinan mempunyai prinsip saling menghargai budaya, kepercayaan, dan keinginan sang ibu. Salah satu prinsip dasar asuhan sayang ibu adalah mengikutsertakan suami dan keluarga selama proses persalinan dan kelahiran bayi. Hal ini merujuk pada kebutuhan dasar selama persalinan di antaranya yaitu kehadiran seorang pendamping. Setiap ibu yang akan melahirkan memerlukan dukungan emosional untuk membantunya dalam melewati proses persalinan.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian Analitik dengan pendekatan Retrospektif. Tekhnik sampel dalam penelitian ini adalah total sampling dari 56 responden ibu bersalin. Dalam penelitian ini menggunakan uji Kai Kuadrat (Chi Square Test).

Hasil :  Setelah dilakukan pengolahan data dengan Uji Kai Kuadrat (Chi Square Test) di tingkat keyakinan X2 hitung = 8,625  X2  tabel = 3,84 P value 8,625 Pada tingkat kemaknaan (convidence interval) 95% (α=0,05), df = 1, dengan kriteria pengujian Ho di tolak apabila nilai X2 hitung > X2 tabel (8,625>3,84), maka Ho di tolak,

Kesimpulan; Ada hubungan antara pendampingan suami dengan lama kala II.

 

Kata Kunci : Hubungan Pendampingan Suami dengan Lama Persalinan Kala II


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v3i1.63

Article Metrics

Abstract viewed : 364 times
Full Text files downloaded : 215 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.