PENGARUH PARITAS DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEJADIAN BBLR PADA IBU DENGAN PRE EKLAMPSIA BERAT

Rizki Sahara, Dhiyan Nany Wigati

Abstract


Latar belakang : BBLR merupakan penyebab kematian neonatal tertinggi pada tahun 2022. Salah satu komplikasi dari pre-eklampsia pada ibu adalah lahirnya bayi dengan berat badan rendah dan kelahiran premature, didukung dengan teori menjelaskan bahwa paritas merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kejadian BBLR. Dewasa ini gaya hidup masyarakat mengalami pergeseran dengan banyaknya konsumsi makanan tidak sehat dan kebiasaan lain yang mempengaruhi menurunnya derajat kesehatan terlebih pada ibu hamil.

Metode : Desain penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain kasus dan kontrol (case control) dan pendekatan retrospektif. Menggunakan sampel sebanyak 64 sampel yang dibagi menjadi 32 sampel untuk kelompok kasus dan 32 sampel dalam kelompok control.

Hasil : Hasil analisis penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara paritas dan gaya hidup dengan kejadian berat bayi lahir rendah pada ibu dengan Pre-eklampisa berat yang ditandai dengan maing - masing p value 0.002 dan 0.000. paritas mempunyai pengaruh lebih besar terhadap kejadian BBLP pada ibu Pre-eklampsia dibandingakan dengan gaya hidup.

Kesimpulan : Paritas dan gaya hidup mempunyai hubungan yang signifikan terhadap kejadian BBLR pada ibu dengan Pre-eklampsia Berat. Paritas mempunyai pengaruh lebih besar terhadap kejadian berat bayi lahir endah pada ibu dengan Pre-eklampsia.

 

Kata kunci : Paritas, Gaya hidup, BBLR, Pre-eklampsia.


Full Text:

PDF

References


Anasthasia, T. R., & Utami, E. D. (2022). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kejadian Berat Badan Lahir Rendah Di Indonesia Tahun 2020. Seminar Nasional Official Statistics, 2022(1), 863–872. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2022i1.1252

Ahadina, R.Z. (2017). Hubungan lingkungan perokok dengan ibu hamil terpapar asap rokok terhadap kejadian bayi berat lahir rendah di Surakarta. Skripsi. Universitas Sebelas Maret.

Hanum, H., & Wibowo, A. (2020). Pengaruh Paparan Asap Rokok Lingkungan pada Ibu Hamil terhadap Kejadian Berat Bayi Lahir Rendah. Jurnal Kedokteran Unila, 5(5), 2.

Indrasari, Nelly. (2014). Faktor resiko pada kejadian berat badan lahir rendah (BBLR). Jurnal Keperawatan, VIII(2).

Khoiriah, A. (2017). Hubungan antara usia dan paritas ibu bersalin dengan bayi berat lahir rendah (BBLR) di rumah sakit islam Siti Khadijah Palembang. Jurnal Kesehatan, 8(2), 310-314.

MPDN. (2022). Maternal Perinatal Death Notification.

Putri, A. W., Pratitis, A., Luthfiya, L., Wahyuni, S., & Tarmali, A. (2019). Faktor Ibu terhadap Kejadian Bayi Berat Lahir Rendah. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 3(1), 55-62.




DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v8i2.466

Article Metrics

Abstract viewed : 74 times
PDF files downloaded : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.