ASUHAN KEBIDANAN IBU BERSALIN DENGAN FOKUS INTERVENSI PEMBERIAN MUSIK KLASIKUNTUK MENURUNKAN INTENSITASNYERIPADA PERSALINAN KALA I DI PUSKESMAS PURWODADI I

Putri Damayanti, Dhiyan Nani Wigati

Abstract


Latar Belakang: persalinan adalah suatu rangkaian peristiwa yang di mulai sejak bayi lahir dan berakhir ketika plasenta dan selaput ketuban terdorong keluar dari tubuh ibu. Sebagian besar ibu bersalin mengalami nyeri pada persalinan kala I. tujuan penelitian adalah untuk memberikan asuhan kebidanan persalinan dengan fokus intervensi pemberian terapi musik klasik untuk menurunkan intensitas nyeri pada persalinan kala I.

Metodelogi: Rancangan penelitian yang peneliti gunakan adalah rancangan penelitian studi kasus. Jenis penelitian studi kasus deskriptif ini menggunakan metode observasi partisipatif. Subjek dalam penelitian ini adalah ibu bersalin dengan kala I.

Hasil: hasil penelitian menunjukkan diagnosa pada Ny. A dengan gangguan rasa nyeri. Evaluasi pemberian terapi musik klasik pada kasus Ny. A dengan nyeri terdapat pengurangan dari skala 4 menjadi skala 3.

Kesimpulan: masalah nyeri  persalinan kala I pada Ny. A sudah teratasi.


Full Text:

PDF

References


Campbell, D. 2012. Efek mozart bagi anak-anak meningkatkan daya pikir, kesehatan dan kreativitas anak melalui musik. Alih Bahasa: Alex Tri Kantjono Widodo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Faujiah, I. N., Herliani, Y., & Diana, H. (2018). Pengaruh Kombinasi Teknik Kneading dan Relaksasi Nafas Dalam Terhadap Intensitas Nyeri Kala I Fase Aktif Persalinan Primigravida Di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Rajapolah Tahun 2018. Midwife Journal, 4(02), 1–10.

Fitriana, Y., & Nurwiandani, W. (2020). Asuhan Persalinan. Yogyakarta: 2020.

Kementerian Kesehatan RI. (2019). Profil Kesehatan Indonesia 2019 (Vol. 1227, Issue July). https://doi.org/10.1002/qj

Liviana, Handayani, T. N., Mubin, M. F., Istibsyaroh, I., & Ruhimat, A. (2017). Efektifitas terapi musik pada nyeri persalinan kala i fase laten. Jurnal Ners Widya Husada, 4(2), 47–52.

Mawaddah, S. (2020). NYERI PADA IBU INPARTU KALA I FASE AKTIF THE EFFECT OF MUSIC THERAPY ON DECREASING THE INTENSITY OF PAIN IN MOTHER INPARTU I PHASE ACTIVE Jurusan Kebidanan ,

Mohamad Judha, S. &. (2012). Teori Pengukuran Nyeri & Nyeri Persalinan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2017.

WHO. (2015). Maternal Mortality. Wordl Health Organization




DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v8i2.445

Article Metrics

Abstract viewed : 68 times
PDF files downloaded : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.