HUBUNGAN PEMANFAATAN INTERNET DENGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DIII KEBIDANAN DI AKBID BANUA BINA HUSADA BANJARBARU KALIMANTAN SELATAN

Laily Himawati, Aminatuz Zahro

Abstract


Latar Belakang: Perkembangan internet semakin dirasakan oleh masyarakat khususnya dikalangan mahasiswa untuk mengakses berbagai macam informasi, mencari literatur, artikel, maupun jurnal tetapi ada juga yang digunakan untuk hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan kegiatan belajar mengajar yang dapat berdampak pada kurangnya motivas belajar bahkan tidak tumbuh motivasi belajar sehingga berdampak pada prestasi mahasiswa.  

Metode: Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah puspoive sampling sebanyak 30 responden. Analisis data menggunakan Kendall Tau.

Hasil: Berdasarkan analisis didapatkan Z hitung > Z tabel (4,59>1,96) dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pemanfaatan internet dan motivasi belajar, dan Z hitung > Z tabel (4,69>1,96). Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pemanfaatan internet dengan prestasi belajar serta didapatkan Z hitung > Z tabel (4,36>1,96). Berdasarkan nilai koefisien kendall Tau sebesar 0,571, 0,582, 0,541 maka disimpulkan bahwa hubungan antara pemanfaatan internet dengan motivasi belajar dan prestasi belajar pada Mahasiswa D3 Kebidanan Semester III di AKBID Banua Bina Husada Banjarbaru termasuk dalam kategori sedang.

Kesimpulan: Ada Hubungan Pemanfaatan Internet dengan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa DIII Kebidanan Di AKBID Banua Bina Husada Banjarbaru Kalimantan.

 

Kata Kunci    :  Pemanfaatan Internet, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v2i1.44

Article Metrics

Abstract viewed : 148 times
Full Text files downloaded : 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.