ASUHAN KEBIDANAN IBU HAMIL SUNGSANG DENGAN FOKUS INTERVENSI POSISI KNEE CHEST UNTUK MENGUBAH PRESENTASI JANIN DI PUSKESMAS PURWODADI I

Mar'atul Azizah, Dhiyan Nany Wigati, Sri Untari

Abstract


Latar belakang; Kehamilan adalah kejadian dimulai dari pembuahan kemudian akan berkembang sampai terjadinya kehamilan aterem dan berakhir dengan proses persalinan. Kehamilan artinya kejadian kodrati bagi wanita, seseorang wanita akan mengalami perubahan pada dirinya baik fisik juga psikologis perubahan-perubahan fisik yang sering ditemukan ditrimester III yaitu perut bertambah besar mengikuti usia kehamilan, yeri perut kiri atas sering dialami ibu hamil akibat tubuh menghasilkan dan mempersiapkan cairan tambahan selama kehamilan, akibatnya kebanyakan bumil yang mengalami bengkak, terutama pada akhir masa kehamilan. Oedema sering muncul pada tungkai, tumit, serta muka akibat asal fokus dirahim.

Metode; Rencana penelitian yang peneliti gunakan adalah rencana penelitian studi kasus. Jenis penelitian studi kasus deskriptif ini menggunakan metode observasi partisipatif. Subjek dalam penelitian ini adalah ibu hamil sungsang usia kehamilan 28 minngu sampai 36 minggu.

Hasil; Hasil penelitian menunjukkan diagnosa pada kasus Ny. Y usia 32 tahun G3P2A0 usia kehamilan 29+4 minggu dengan presentasi janin yaitu kepala.

Kesimpulan; Ibu hamil dengan letak sungsang sudah teratasi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v8i01.429

Article Metrics

Abstract viewed : 591 times
PDF files downloaded : 631 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.