HUBUNGAN ASUHAN KEBIDANAN KESEHATAN REPRODUKSI PADA NY “K” DENGAN FOKUS INTERVENSI PEMBERIAN SUSU KEDELAI UNTUK MENGURANGI INSOMNIA PADA IBU PREMENOPAUSE DI BPM Bd. Tri W

Cindy Putri Octivia, Rizki Sahara, Sri Untari

Abstract


Latar belakang : Berdasarkan Survey Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) 2012 mengenai menopause terdapat 4,3 juta seluruh jumlah penduduk Indonesia yang sebesar 240-250 juta pada tahun 2012. Dalam kategori wanita tersebut (usia lebih dari 46 – 49 tahun) 18% wanita Indonesia telah mengalami menopause dengan segala akibat serta dampak yang menyertainya (Depkes RI, 2012). Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan penulis pada bulan Mei 2022 di Desa Boloh, RT 01/ 03 RW terhadap 10 orang ibu premenopause usia 40-50 tahun 8 dari 10 orangnya mengalami gejala premenopause khususnyainsomnia.

Metode : Rancangan penelitian yang peneliti gunakan adalah rancangan penelitian studi kasus. Jenis penelitian studi kasus deskriptif ini menggunakan metode observasi partisipatif. Subjek dalam penelitian ini adalah ibu premenopause.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan diagnosa pada Ny.K adalah gangguan sulit tidur dan sedikit cemas dengan kondisi yang dialaminya. Evaluasi pelaksanaan pemberian susu kedelai pada kasus Ny. K dengan insomnia terdapat pengurangan skala ninsomnia score 16 menjadi skala insomnia score 14 (sedang).

Kesimpulan : Masalah gangguan sulit tidur dan sedikit cemas dengan kondisi yang dialaminya sudah teratasi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v8i01.423

Article Metrics

Abstract viewed : 261 times
PDF files downloaded : 148 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.