GAMBARAN PENGETAHUAN IBU TENTANG IMUNISASI CAMPAK DI PUSKESMASAMUNTAI SELATAN

Lisda Yanti, Laily Himawati

Abstract


Latar Belakang: Menurut Depkes RI,2007, diperkirakan lebih dari 30.000 anak meninggal setiap tahun karena komplikasi yang diakibatkan oleh campak di Indonesia. Campak adalah penyakit virus akut yang disebabkan oleh virus campak dan sangat infeksius. Imunisasi campak merupakan  imunisasi yang diberikan untuk menimbulkan kekebalan aktif terhadap penyakit campak.Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan gambaran pengetahuan ibu yang mempunyai bayi tentang imunisasi campak di Puskesmas Amuntai Selatan tahun 2013.

Metode: Penelitian ini bersifat deskriftif dengan populasi sebanyak 62 ibu yang mempunyai bayi. Metode pengambilan sampel denganmenggunakan teknik “Accidental Sampling†sebanyak 30 responden. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner. Analis data menggunakan tabel hasil yang disajikan dalam bentuk tabel dan presentase serta narasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dan dianalisis secara diskriptif menggunakan tabel hasil yang disajikan dalam bentuk tabel dan presentase

Kesimpulan    : Dari hasil penelitian menunjukan sebagian responden yaitu ibu yang mempunyai bayi di wilayah kerja Puskesmas Amuntai Selatan tahun 2013adalah berpengetahuan kurang sebanyak12 responden (40%) dari total keseluruhan 30 responden.

 

Kata kunci : Imunisasi Campak


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v1i1.42

Article Metrics

Abstract viewed : 193 times
Full Text files downloaded : 115 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.