PENGARUH PERAWATAN PAYUDARA PADA IBU MENYUSUI TERHADAP PRODUKTIVITAS AIR SUSU IBU (ASI)

Sri Untari, Laily Himawati, Rizki Sahara

Abstract


Latar Belakang: Air Susu Ibu (ASI) adalah nutrisi terbaik bagi bayi, yang merupakan emulsi lemak dalam larutan protein, laktosa dan mineral. Kolostrum yang terkandung dalam ASI pada hari pertama sampai dengan hari ke-7 setelah ibu melahirkan, terbukti bermanfaat meningkatkan kadar antibodi pada bayi. Salah satu cara meningkatkan aliran ASI pada ibu menyusui yaitu dengan perawatan payudara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perawatan payudara terhadap produktivitas air susu ibu (ASI) pada ibu menyusui.

Metode: Desain penelitian ini adalah quasy eksperiment dengan pendekatan one group pre test dan posttes teknik pengambilan samping dengan total sampling dengan Jumlah 15 responden. Alat pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi. Uji statistik dengan uji Wilcoxon.

Hasil: hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum dilakukan oerawatan payudara produktivitas ASI rata-rata 7,5 ml dan produktivitas ASI setelah dilakukan perawatan payudara nilai rata 24,25 ml dan uji statistik menunjukan nilai ? value sebesar 0,001 (<0,05).

Kesimpulan: ada pengaruh perawatan payudara terhadap produktivitas Air Susu Ibu ( ASI) pada ibu menyusui

 

Kata Kunci : Perawatan Payudara, Produktivitas ASI, Ibu Menyusui


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v7i01.349

Article Metrics

Abstract viewed : 212 times
Full Text files downloaded : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.