HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KECERDASAN EMOSI (EQ) PADA ANAK USIA PRASEKOLAH (3-5 TAHUN) DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) MUSLIMAT GETAS CEPU BLORA

Amelia Nur Hidayanti

Abstract


Latar belakang : Pola asuh orang tua berati bagaimana orang tua memperlakukan anak, mendidik, membimbing dan mendisiplinkan serta melindungi anak dalam mencapai proses kedewasaan, hingga kepada upaya pembentukan norma-norma yang diharapkan masyarakat pada umumnya. Pola pengasuhan ini juga akan berpengaruh terhadap kecerdasan emosi di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Muslimat Getas Cepu Blora.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  hubungan antara pola asuh orang tua dengan kecerdasan emosi (EQ) pada anak usia prasekolah (3-5 tahun) di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Muslimat Getas Cepu Blora.

Metode : Metode penelitian ini study deskriptif korelatif dengan pendekatan Cross Sectional, dengan sampel secara sampling jenuh 32 orang tua dan 32 siswa PAUD Muslimat Getas Cepu Blora. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan checklist.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis korelasi Kendal Tau diperoleh koefisien korelasi 0,445 dengan p value = 0,006 < P = 0,05, sehingga dapat diputuskan bahwa hipotesis penelitian yang menyatakan : ”Ada hubungan antara pola asuh orangtua dengan kecerdasan emosional anak usia prasekolah (3-5 tahun) pada Pendidikan Anak Usia Dini Muslimat Getas Cepu Blora”, diterima. Hasil analisis yang memperoleh koefisien korelasi 0,445 menunjukkan bahwa derajat hubungan pola asuh orangtua dengan kecerdasan emosional anak adalah hubungan yang sedang karena berada pada indek korelasi 0,4 – 0,6.

Kesimpulan : Orang tua hendaknya menggunakan pola asuh demokratis dalam membesarkan anaknya karena dengan pola asuh demokratis anak mendapatkan penjelasan mengapa sesuatu boleh atau tidak boleh dilakukan dan anak dihargai dan diberi kesempatan, sehingga diharapkan kecerdasan emosional anak dapat berkembang ke arah yang lebih baik.

 

Kata kunci : Pola Asuh Orang Tua, Kecerdasan Emosi (EQ)


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v7i01.347

Article Metrics

Abstract viewed : 299 times
Full Text files downloaded : 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.