HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN STATUS GIZI BALITA

Dewi Sapta Wati, Wahyu Utami Ekasari

Abstract


Latar belakang; Masa  anak  usia  1-5  tahun  (balita)  adalah  masa  pada  mana  anak  sangat membutuhkan   makanan   dan   gizi   dalam   jumlah   yang   cukup   dan   memadai. Kekurangan gizi pada masa ini dapat menimbulkan gangguan tumbuh kembang. Pada masa ini juga, anak masih benar-benar  tergantung pada perawatan dan pola asuh dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan status gizi balita di Desa Pilangpayung Kecamatan TorohTahun 2021.

Metode; Desain penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi yang digunakan adalah 84 responden. Teknik yang digunakan adalah total sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari 14 pertanyaan dengan menggunakan uji statistik Kendall Tau.

Hasil; Hasil penelitian dari seluruh responden menunjukkan hubungan yang signifikan sebesar P -value 0,045 sebagian besar adalah pola asuh orang tua sedang (33,3%) memiliki status gizi sedang dan responden dengan  pola asuh orang tua yang baik (66,7%) status gizi balita baik sehingga ada hubungan yang bermakna antara pola asuh orang tua dengan status gizi balita di Desa Pilangpayung Kecamatan Toroh.

Kesimpulan; Berdasarkan hasil uji Kendall Tau disimpulkan bahwa ada hubungan antara pola asuh orangtua dengan status gizi balita .

 

Kata kunci: Pola Asuh, Status Gizi, Balita

Full Text:

Full Text

Article Metrics

Abstract viewed : 127 times
Full Text files downloaded : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.