PEMBERIAN SENAM HAMIL TERHADAP PENURUNAN NYERI PUNGGUNG BAWAH DI PUSKESMAS TOROH I

Dea Nuraini, Mun Aminah

Abstract


Latar Belakang: Kehamilan diawali dari masa konsepsi yang sering didefinisikan sebagai persatuan antara sebuah sel telur dan sperma, yang menandai awal dari kehamilan, dan peristiwa ini bukan merupakan hal yang terpisah tetapi merupakan peristiwa rangkaian kejadian yang mengelilinginya (Fauziah & Sutejo, 2012). Nyeri punggung bawah pada wanita hamil paling sering terjadi pada kehamilan trimester III yang berkaitan dengan peningkatan berat badan akibat pembesaran rahim dan peregangan dari otot penunjang, karena hormone relaksan (hormone yang membuat otot relaksasi dan lemas) yang dihasilkan (Triyana, 2013). Salah satu cara untuk mengurangi nyeri punggung bawah adalah dengan melakukan senam hamil. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh senam hamil terhadap penurunan nyeri punggung bawah pada ibu hamil trimester III.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian berjumlah 1 orang. Instrument pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan format pengkajian. Pengkajian yang dilakukan dengan pengkajian, analisa data, penentuan diagnosa kebidanan, intervensi, implementasi, dan evaluasi.

Hasil: Hasil dari penelitian setelah dilakukan pengkajian, intervensi sampai dengan evaluasi adalah adanya pengaruh senam hamil terhadap penurunan nyeri punggung bawah pada ibu hamil trimester III.

Kesimpulan: Setelah dilakukan pengkajian selama 3 kali dalam seminggu disimpulkan bahwa senam hamil dapat menurunkan nyeri punggung bawah.

 

Kata Kunci: Senam Hamil, Nyeri Punggung Bawah, Trimester III

Full Text:

Full Text

Article Metrics

Abstract viewed : 65 times
Full Text files downloaded : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.