PEMBERIAN KOMPRES BAWANG MERAH TERHADAP PENURUNAN DEMAM PADA BALITA

Dwi Lifia Noviyanti, Dhiyan Nany Wigati

Abstract


Latar Belakang : Demam (hipertermi) adalah suatu keadaan dimana suhu tubuh lebih tinggi dari biasanya, dan merupakan gelaja dari suatu penyakit (Maryunani, 2010). Hipertermi merupakan keadaan ketika individu mengalami atau beresiko mengalami kenaikan suhu tubuh lebih dari 37,5°C (100 °F) per oral atau 38,8°C per rektal yang sifatnya menetap karena faktor eksternal (Ilmiah, 2016b). Jumlah data yang didapat dari Dinas Kesehatan Grobogan antara lain adalah Puskesmas Toroh I pada tahun 2020 sebanyak 2.488 kasus MTBS (87,36%). Studi  pendahuluan yang dilakukan di ruang KIA Puskesmas Toroh 1 pada tanggal 26 Januari sampai 12 Maret 2021 didapatkan data sebanyak 37 kasus demam pada balita. Hasil pengkajian didapatkan sebanyak 23 balita yang mengalami demam telah diberikan penanganan pertama yaitu menggunakan kompres hangat, 9 balita yang mengalami demam diberikan penanganan pertama dengan menggunakan antipiretik seperti paracetamol, dan 5 balita yang mengalami demam belum diberikan penangan pertama untuk menurunkan demam (Dinkes Grobogan, 2020). Menurunkan demam dapat dilakukan secara farmakologi dan non farmakologi yaitu dengan menggunakan obat-obatan tradisional seperti bawang merah, diberikan melalui metode konduksi dan evaporasi yaitu dilakukan dengan kompres bawang merah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompres bawang merah terhadap penurunan demam pada balita.

Metodologi : Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian berjumlah satu orang. Instrument pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan format pengkajian. Pengkajian yang dilakukan dengan pengkajian, analisa data, penentuan diagnosa kebidanan, intervensi, implementasi, dan evaluasi.

Hasil : Hasil dari penelitian setelah dilakukan pengkajian, intervensi sampai dengan evaluasi menunjukan bahwa adanya pengaruh pemberian kompres bawang merah terhadap penurunan demam pada balita.

Kesimpulan : Setelah dilakukan pengkajian selama 3 hari berturut-turut disimpulkan bahwa kompres bawang merah berpengaruh untuk menurunkan demam.

 

Kata Kunci: Kompres Bawang Merah, Demam

Full Text:

Full Text

Article Metrics

Abstract viewed : 48 times
Full Text files downloaded : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.