PENGARUH PEMBERIAN KOMPRES AIR JAHE PADA IBU NIFAS TERHADAP NYERI PUNGGUNG BAWAH DI PUSKESMAS GEYER I

Nurul Kodiyah, Erni Susinta

Abstract


Latar belakang: Kehamilan merupakan peristiwa alamiah yang menyebabkan perubahan tubuh secara bertahap dan menyebabkan ketidaknyamanan pada ibu hamil. Salah satu ketidaknyamanan pada ibu hamil trimester III yaitu nyeri punggung bawah. Ibu hamil di Indonesia yang mengalami nyeri punggung bawah mencapai 60-80%. Penanganan untuk menurunkan nyeri yaitu dengan terapi farmakologi dan non farmakologi. Terapi kompres air hangat merupakan salah satu penatalaksanaan non-farmakologis pada nyeri punggung bawah, terapi kompres air dapat digabungkan dengan air rebusan jahe yang mengandung zingiberol dan kurkuminoid yang bermanfaat mengurangi peradangan pada sendi.

Metode : Uji analisis bivariat dalam penelitian ini menggunakan analisis Uji t dependent (paired t test). Pre dan Post digunakan untuk menilai skala nyeri antara sebelum dan setelah dilakukan intervensi. Tempat pengambilan penelitian adalah di Puskesmas Geyer I. Teknik pengambilan sampel dengan rule of thumb,sebanyak 20 subjek. Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi pengkajian.

Hasil : Hasil uji t test diperoleh t hitung > t tabel atau pv < ?  (0,05) yang  artinya terdapat pengaruh antara pemberian kompres air jahe teradap nyeri punggung bawah pada ibu hamil di Puskesmas Geyer I.

Kesimpulan    : Terdapat pengaruh pemberian kompres air jahe terhadap nyeri punggung bawah.

 

Kata Kunci : Kompres Air Jahe, Nyeri Punggung Bawah

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v6i1.277

Article Metrics

Abstract viewed : 1198 times
Full Text files downloaded : 304 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.