PERBEDAAN KEPUASAN IBU YANG MEMBERI ASI EKSKLUSIF DAN NON ASI EKSKLUSIF DI DESA SURUH KECAMATAN TASIKMADU KARANGANYAR

Amelia Nur Hidayanti, Nurul Kodiyah

Abstract


Latar Belakang : Kepuasan merupakan dasar yang sangat penting untuk menilai sesuatu yang telah dikerjakan, sedangkan kepuasan itu sendiri yaitu perasaan senang atau kecewa seseorang sebagai hasil dari perbandingan antara prestasi atau produk yang dirasakan dengan yang semula diharapkannya. Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kepuasan ibu yang memberi ASI Eksklusif dan non ASI Eksklusif di Desa Suruh Kecamatan Tasikmadu Karanganyar.

Metode : Metode yang digunakan adalah descriptive comparative dengan pendekatan cross sectional.  Teknik pengambilan sampel menggunakan total populasi yaitu ibu yang mempunyai bayi umur 6 – 12 bulan yang diberi ASI Eksklusif dan non ASI Eksklusif yang berjumlah 58 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan Uji Mann-Whitney U-Test.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas kepuasan ibu yang memberikan ASI Eksklusif  adalah sangat puas (71.4%). Mayoritas kepuasan ibu yang memberikan Non ASI Eksklusif  adalah puas (61.4%). Hasil perhitungan Mann Whitney diperoleh P value 0,006 < α 0,05 yang berarti ada perbedaan kepuasan ibu yang memberi ASI Eksklusif dan non ASI Eksklusif dimana nilai mean kepuasan ibu menyusui ASI Eksklusif adalah 40.14 sedangkan kepuasan ibu menyusui Non ASI Eksklusif adalah  26.11.

Simpulan : Ibu lebih baik memberikan ASI Eksklusif kepada bayinya daripada memberikan non ASI Eksklusif karena ASI Eksklusif lebih higienis dan mempunyai manfaat yang lebih baik dibandingkan non ASI Eksklusif. Dapat menjadi acuan yang bermanfaat bagi penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan kepuasan ibu yang memberi ASI Eksklusif dan non ASI Eksklusif.

 

Kata Kunci    : Kepuasan, Pemberian ASI Eksklusif dan non ASI Eksklusif


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v2i1.27

Article Metrics

Abstract viewed : 148 times
Full Text files downloaded : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.