PENGARUH PEMBERIAN AROMA TERAPI LAVENDER PADA IBU NIFAS DENGAN NYERI JAHITAN PERINEUM DI PUSKESMAS BRATI

Laily Himawati, Dian Vitaloka

Abstract


Latar Belakang: Nyeri merupakan pengalaman sensoris subektif dan emosional yang tidak menyenangkan yang didapat terkait dengan kerusakan jaringan yang nyata, berpotensi rusak atau menggambarkan kondisi terjadinya kerusakan. Penanganan yang sering digunakan untuk menurunkan nyeri berupa penanganan farmakologi dan terapi non farmakologi salah satunya yaitu relaksasi distraksi, kompres hangat, dan aromaterapi.  Mekanisme aromaterapi dalam tubuh manusia berlangsung melalui dua sistem fisiologi yaitu sirkulasi tubuh dan sistem penciuman, wewangian dapat mempengaruhi kondisi prikis, daya ingat, dan emosi seseorang. Salah satu aromaterapi yang dapat digunakan adalah aromaterapi lavender. Aromaterapi lavender dapat memberikan ketenangan, rasa nyaman, rasa keyakinan, mengurangi stress, mengurangi rasa sakit, emosi yang tidak seimbang, kepanikan, lavender dapat mengurangi rasa nyeri dan dapat memberikan relaksasi.

Metode: Uji analisis bivariat dalam penelitian ini menggunakan analisis Wilcoxon. Tempat pengambilan penelitian adalah di Puskesmas Brati. Pengambilan sampel dengan teknik non-probability sampling jenis purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 30 ibu nifas 6 jam post partum. Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah format pengkajian.

Hasil: Hasil uji Mann  Whitney diperoleh ?-value sebesar 0,000 (<0,05), yang berarti Ada Pengaruh Pengaruh Pemberian Aroma Terapi Lavender Pada Ibu Nifas dengan Nyeri Jahitan Perineum di puskesmas Brati

Kesimpulan: Terdapat pengaruh pemberian aroma lavender pada ibu nifas dengan nyeri perineum

 

Kata Kunci : Aroma Lavender, Nyeri Perineum

Full Text:

Full Text

References


Argi Virgona Bangun, Susi Nuraeni. 2013. Pengaruh Aromaterapi Lavender terhadap intensitas nyeri pada Pasien Pasca Operasi di Rumah Sakit Dustira Cimahi. Journal Keperawatan Soedirman. Volume 8 no 2

Depkes RI, 2016, perawatan ibu hamil, Yogyakarta: Trans Info Media

Liu, W. E., Lin, L. J., Jiang, Y. Y., Jhen, J. Y., Lin, P. X., Jien, Y. X. et. al (2008). 'Essential Oil Massage Effects on Neck and Shoulder Pain,' Nursing Leadership, 9, Pp.18-30.

Mander. 2010 . Buku Ajar Kebidanan Persalinan . Yogyakarta : Pustaka Rihama

Rahmawati, Ina, dkk. 2015. Efektifitas Aromaterapi Lavender Dan Aromaterapi Lemon Terhadap Intensitas Nyeri Post Sectio Caesarea.

Silviana Eva. 2011. Pengaruh Kompres Dingin Terhadap Pengurangan Nyeri Perineum pada Ibu Nifas di BPS Siti Alfirdaus Kabupaten Tuban: Journal Ners and Midwifery Indonesia.Vol 3.

Stea S. Beraudi A.2014. De Pasquale D. Essential Oils For Camplementary Treatment Surgical Patients. State Of the Art, Journal Evidence-Based Complement Althem Med

Sun-Hee Han. 2012. Effect Of Aromaterapi on Symptoms of Dysmenorrhea in College Sudents. A Randomized placebo-Controlled Clinicl Trial. Vol 12. The Journal of Alternative and Complementary Medicine.

Walyani, Elisabeth Siwi, Endang Purwoastuti. 2017. Asuhan Kebidanan Masa Nifas Dan Menyusui. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Wiwin Widiyani. 2016. Aromaterapi Lavender dapat menurunkan intensitas nyeri perineum pada ibu postpartum. Bandung : Poltekes Kemenkes Bandung. Journal ners and Midwifery Indonesia Vol 4 No 3.




DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v6i1.265

Article Metrics

Abstract viewed : 1631 times
Full Text files downloaded : 403 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.