INTERVENSI PENGURANGAN NYERI DENGAN KOMBINASI TEKNIK KNEADING DAN RELAKSASI NAFAS DI PUSKESMAS CAMPURSARI

Aprilia Aprilia, Mun Aminah

Abstract


Latar Belakang: WHO tahun 2015 melaporkan setidaknya 303.000 wanita diseluruh dunia meninggal menjelang persalinan dengan salah satu penyebabnya melakukan persalinan secara secar. Menurut SDKI tahun 2015 sectio caesarea di Indonesia sekitar 22,8%. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kombinasi teknik kneading dengan relaksasi nafas terhadap penurunan nyeri persalinan pada ibu bersalin kala I di Puskesmas Campursari.

Metodologi: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan design studi kasus dan quasy eksperimental. Subjek penelitian ini adalah Ny S nyeri persalinan kala I. instrumen pengumpulan data dilakukan melalui pengkajian, Analisa data, penentuan diagnosa, intervensi kebidanan, implementasi dan evaluasi tindakan telah diberikan pada pasien nyeri persalinan kala I.

Hasil: Hasil penelitian menunjukan diagnosa utama Ny S adalah Nyeri persalinan kala I. Evaluasi pelaksanaan kombinasi teknik kneading relaksasi nafas menunjukkan Ny S mengatakan lebih rileks dan nyaman dengan skala nyeri menjadi 4.

Kesimpulan: Masalah nyeri teratasi dari skala nyeri 4 menjadi 6.

 

Kata Kunci: Nyeri Persalinan, Massage, Teknik Kneading, Relaksasi Nafas, Persalinan


Full Text:

Full Teks


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v5i2.228

Article Metrics

Abstract viewed : 656 times
Full Teks files downloaded : 270 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.