RUTINITAS KUNJUNGAN POSYANDU TERHADAP PENINGKATAN BERAT BADAN BALITA

Dhiyan Nany Wigati, Wahyu Utami Ekasari

Abstract


Latar Belakang : Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM).  UKBM salah satu fungsinya yaitu untuk melakukan deteksi dini tumbuh kembang anak salah satu caranya adalah penimbangan berat badan.  Rutin menimbang balita, maka pertumbuhan balita dapat dipantau secara intensif. Semakin cepat ditemukan, kasus gizi kurang atau gizi buruk akan semakin cepat ditangani.  Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana korelasi antara rutinitas kunjungan posyandu terhadap peningkatan berat badan balita.

Metode : Penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan observasional analitik dengan pendekatan cross sectional.  Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga didapat 50 sampel.  Analisis data menggunakan uji Chi Square.

Hasil : Balita yang rutin melakukan kunjungan posyandu yaitu sebanyak 19 balita memiliki peningkatan berat badan yang normal. Uji analisis data dengan menggunakan chi square didapat nilai sig. 0,019<0,05 sehingga terdapat korelasi antara rutinitas kunjungan posyandu terhadap peningkatan berat badan balita. Hasil Odds Ratio adalah 0,184, sehingga balita yang rutin melakukan kunjungan posyandu memiliki peningkatan berat badan normal 0,184 lebih besar  daripada balita yang tidak rutin melakukan kunjungan posyandu.

Kesimpulan : Terdapat korelasi antara rutinitas kunjungan posyandu terhadap peningkatan berat badan balita.

 

Kata Kunci : Kunjungan Posyandu, Peningkatan Berat Badan

Full Text:

Full Teks


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v5i2.226

Article Metrics

Abstract viewed : 818 times
Full Teks files downloaded : 449 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.