HUBUNGAN SENAM HAMIL DENGAN TINGKAT NYERI PUNGGUNG PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI DESA KAYEN KECAMATAN KAYEN KABUPATEN PATI

Siti Ni’amah

Abstract


Latar belakang; Nyeri punggung pada kehamilan trimester III disebabkan oleh progesteron dan relaksin dan postur tubuh yang berubah serta meningkatnya beban berat yang dibawa ke dalam rahim. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan senam hamil dengan tingkat nyeri punggung pada ibu hamil trimester III di Desa Kayen Kecamatan Kayen Kabupaten Pati.

Metode; Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik korelatif dengan cross-sectional. Populasi Penelitian ini adalah ibu hamil trimester III yang berjumlah 33 ibu hamil. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengolahan data menggunakan editing, coding, scoring, tabulating dengan analisa data Chi-Square.

Hasil; Hasil penelitian menunjukkan sebelum dilaksanakan senam hamil rutin sebagian besar responden mengalami nyeri punggung ringan sebanyak 16 responden (48,5%) sedangkan setelah dilaksanakan senam hamil sebagian besar responden mengalami nyeri punggung ringan sebanyak 19 responden (57,6%). Uji statistik Chi-Square menunjukan P value = 0,029 < ? (0,050) sehingga Ha diterima.

Kesimpulan; Ada hubungan senam hamil terhadap tingkat nyeri punggung pada ibu hamil trimester III.

 

Kata Kunci: Senam Hamil, Tingkat Nyeri Punggung

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v5i1.201

Article Metrics

Abstract viewed : 656 times
Full Text files downloaded : 376 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.