HUBUNGAN BABY SPA DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR PADA BAYI USIA 6 BULAN DI RIU MOM KIDS AND BABY SPA PATI

Nopri Padma Nudesti

Abstract


Latar belakang; Lima tahun pertama kehidupan adalah masa pertumbuhan dan pembelajaran yang luar biasa. Pada masa ini ditandai dengan peningkatan kemampuan motorik berkembang secara pesat, antara lain: bayi belajar untuk meraih dan memegang, duduk, berdiri dan berjalan, dan mengunyah dan berbicara. Pada periode ini sering terjadi masalah perkembangan termasuk perkembangan motorik kasar. Baby SPA merupakan salah satu jenis stimulasi yang akan merangsang perkembangan struktur maupun fungsi dari kerja sel-sel dalam otak terutama untuk perkembangan motorik kasar. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hubungan Baby SPA dengan perkembangan motorik kasar pada bayi.

Metode; Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik dengan metode penelitian  survei, pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah bayi berusia 6 bulan dengan tekhnik sampling Total Sampling sebanyak 30 responden.

Hasil; Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada Hubungan Baby SPA dengan Perkembangan Motorik Kasar Pada Bayi Usia 6 Bulan  di Riu Mom Kids And Baby SPA Pati yaitu X2 hitung 11,090 dan nilai p Value = 0,004<0,05.

Kesimpulan:

 

Kata kunci : Baby SPA dan Perkembangan Motorik Kasar

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v5i1.198

Article Metrics

Abstract viewed : 670 times
Full Text files downloaded : 91 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.