HUBUNGAN PELAKSANAAN INISIASI MENYUSU DINI DENGAN KEBERHASILAN MENYUSUI PADA BAYI SECARA EKSKLUSIF

Sehmawati Sehmawati, Wiji Utami

Abstract


Latar belakang: ASI Eksklusif adalah pemberian ASI saja pada bayi usia 0 sampai 6 bulan tanpa diberikan tambahan makanan apapun. Pemberian ASI  di Indonesia pada tahun 2016 sebesar 29,5% dan meningkat pada tahun 2017 sebesar 35,7%. Inisiasi menyusu dini (IMD) adalah perilaku pencarian puting payudara ibu setelah bayi lahir. Bayi yang berhasil menemukan payudara ibunya diharapkan dapat melatih motorik bayi sebagai langkah awal untuk meningkatkan ikatan batin antara ibu dan anak sehingga dapat dilanjut IMD lebih mudah. Upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya kematian bayi adalah dengan pemberian Air Susu Ibu (ASI) segera setelah lahir atau Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pelaksanaan Inisiasi Menyusu Dini dengan Keberhasilan Menyusui Pada Bayi Secara Eksklusif.

Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Korelatif dengan pendekatan Cros-Sectional, sampel yang digunakan adalah 36 ibu yang mempunyai bayi usia 8 bulan, dengan teknik pengambilan sampel yaitu Total Sampling.

Hasil: Dari 36 responden yang berhasil dalam pelaksanaan inisiasi menyusu dini sebanyak 72,2% (26) responden. Dari 36 reponden yang berhasil dalam menyusui secara eksklusif sebanyak 83,3% (30) responden. Dari hasil penelitian dari 36 responden didapatkan 80% (24) responden berhasil melakukan inisiasi menyusu dini dan berlanjut ASI eksklusif dan dan yang tidak berhasil dalam pelaksanaan inisiasi menyusu dini dan tidak ASI eksklusif sebanyak 66,7% (4) responden dengan p-value 0,038 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan H1 diterima artinya terdapat hubungan pelaksanaan Inisiasi Menyusu Dini dengan Keberhasilan Menyusui pada Bayi Secara Ekslusif

Kesimpulan : Terdapat Hubungan pelaksanaan inisiasi menyusui dini dengan keberhasilan menyusui pada bayi secara eksklusif.

 

Kata Kunci : Inisiasi Menyusui Dini, Keberhasilan Menyusui Secara Eksklusif

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v4i2.195

Article Metrics

Abstract viewed : 231 times
Full Text files downloaded : 93 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.