HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PANTANG MAKANAN PADA IBU HAMIL DENGAN KEJADIAN ANEMIA

Sri Martini, Dhian Nani Wigati, Udwatun Na’imah

Abstract


Latar belakang; Anemia merupakan salah satu penyebab dari Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia. Anemia kehamilan disebut “potensial danger to mother and child” karena itulah anemia memerlukan perhatian serius dari semua pihak terkait dalam pelayanan kesehatan (Manuaba, 2012). Departemen Gizi dan Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (2012) menjelaskan bahwa salah satu faktor yang dapat mempengaruhi asupan gizi pada ibu hamil adalah budaya. Budaya berperan dalam status gizi ibu karena ada beberapa kepercayaan, seperti pantang mengonsumsi makanan tertentu yang sebenarnya makanan tersebut justru dibutuhkan oleh ibu. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adakah hubungan antara tingkat pengetahuan tentang pantang makanan pada ibu hamil dengan kejadian anemia di desa Ledok Dawan.

Metode; Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi merupakan seluruh ibu hamil di desa Ledok Dawan sejumlah 46 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel 46 responden.

Hasil; Hasil penelitian ini menunjukkan dari 46 responden tingkat pengetahuan baik dengan anemia sebanyak 1 (2,2%) dan tidak anemia 37 (80,4%) responden , tingkat pengetahuan cukup anemia 2 (4,3%) dan tidak anemia 5 (10,9%) responden dan tingkat pengetahuan rendah/kurang anemia 1 (2,2%) responden dan tidak anemia tidak ada. Ada hubungan antara tingkat pengetahuan tentang pantang makanan pada ibu hamil dengan kejadian anemia di desa Ledok Dawan dengan nilai asymp signifikasi = 0,001 < 0,05.

Kesimpulan; Ada hubungan antara tingkat pengetahuan tentang pantang makanan pada ibu hamil dengan kejadian anemia di desa Ledok Dawan.

 

Kata Kunci : Pengetahuan, Pantang makanan, Anemia

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v4i2.194

Article Metrics

Abstract viewed : 523 times
Full Text files downloaded : 76 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.